Serba serbi

Tim Dokter RSUD Moewardi Angkat Tumor Sebesar Kepala Manusia, Tanpa Amputasi

Olahraga

12 Oktober 2017 22:32 WIB

Ilustrasi. (Pixabay)

SOLO, solotrust.com - Tim dokter bedah RSUD Moewardi Solo berhasil mengangkat tumor ganas yang berada di tulang belikat, seorang pasien. Tumor yang ada di tubuh pasien asal Jawa Timur itu diangkat tanpa amputasi.
 
“Tumor ini termasuk besar, besarnya sebesar kepala manusia. Tumor ini termasuk tumor ganas, karena berada di tulang belikat,” jelas Ketua Tim Dokter Bedah RSUD Moerwardi Solo, dr Ryhan Darma Saputra, SPOT saat jumpa pers dengan wartawan, Kamis (12/10/2017).
 
Ia menerangkan, kasus tumor ini adalah yang terganas dan terbesar di antara sejumlah kasus tumor yang selama ini sering ditanganinya. Ia menceritakan, salah satu upaya untuk melakukan penanganan agar tidak dilakukan amputasi, yakni dengan embolization pre-operative atau membuat aliran darah tidak menuju ke tumor.
 
“Proses operasi kami lakukan selama tujuh jam. Awal mula, si pasien hanya merasakan ada benjolan kecil, namun seiring berjalannya waktu membesar dan ternyata itu tumor,” katanya.
 
Setelah itu, pihaknya akan melakukan penelitian, terkait jenis apa tumor tersebut, guna dilakukan proses penanganan dan perawatan selanjutnya kepada pasien. (yant-abd)

(Redaksi Solotrust)