Serba serbi

Variatif, Ini Pusat Kurma di Kota Solo

Wisata & Kuliner

14 Oktober 2017 17:02 WIB

ANEKA JENIS: Tersedia beraneka jenis kurma, dan oleh-oleh haji dengan harga yang berbeda-beda. (solotrust-dkl)

SOLO, solotrust.com - Jemaah haji yang baru saja pulang ke Tanah Air tentu banyak yang membawa buah kurma khas Arab Saudi. Biasanya, kurma-kurma tersebut dibagikan kepada para tetangga yang berkunjung ke rumahnya sebagai bingkisan.

Nah, jika Anda merasa masih ngidam memakan Kurma dan malu untuk meminta lagi, khusus bagi warga Solo dan sekitarnya bisa berkunjung ke daerah Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo. Di sepanjang jalan tersebut terdapat banyak toko yang menyediakan aneka macam kurma manis, dan beragam oleh-oleh haji.



Tidak hanya satu toko saja, di tempat itu terdapat puluhan toko yang menyediakan kurma grosir maupun eceran yang siap memanjakan siapa saja yang berkunjung ke tempat ini.

Aneka jenis kurma dijual dengan harga yang berbeda-beda. Seperti contoh Kurma Lulu dijual Rp50.000 per kilogram, Kurma Mesir Rp25.000 per kilogram.

Kurma selain dikenal dengan teksturnya yang manis, ternyata juga kaya akan manfaat. Kurma mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi, dan umumnya berasal dari jenis glukosa dan fruktosa. Jenis gula yang terdapat pada kurma adalah hasil pengolahan secara alami, jadi tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Selain itu, kurma mengandung mineral-mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Fungsi mineral secara umum yaitu membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi ototk serta berperan dalam tekanan darah. Kurma juga kaya akan kalium dan rendah sodium. Kalium ini berperan dalam memelihara kontraksi otot termasuk juga otot jantung.

Kandungan di dalam kurma juga berperan untuk memelihara sistem syaraf dan menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Karena, kalium tidak disimpan dalan tubuh dan banyak hilang melalui keringat, sehingga perlu disuplai dari makanan. Kalium membantu menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu, jenis makanan yang satu ini sangat tepat untuk kita saat berbuka puasa setelah seharian tidak tersuplai makanan.

Bagi Anda yang ingin berburu kurma, sari kurma, kacang Arab, kismis, habbatussauda, air zam-zam, susu kambing etawa, dan minyak zaitun, semua lengkap tersedia di toko-toko sepanjang jalan tersebut. Selamat berbelanja..

 

(dkl-way)

(Redaksi Solotrust)