Hard News

Satu Jam Blora Diguyur Hujan, Pohon Tumbang, Puluhan Rumah Rusak, dan Satu Tower Roboh

Hard News

20 Oktober 2017 01:14 WIB

petugas BPBD Blora, Satlantas Polres Blora, PLN dan Polsek Tunjungan langsung datang ke lokasi untuk menyingkirkan pohon yang roboh berada di tengah jalan. (Solotrust.com/Priyo)

BLORA, Solotrust.com - Hujan deras disertai angin yang mengguyur wilayah Blora, Jawa Tengah selama satu jam membuat pohon besar di jalan Blora- Semarang KM 5 Blora, tepatnya di Desa Adirejo Tunjungan ambruk. 
 
Sarmin salah satu warga sekitar mengaku, ambruknya pohon sono keling tersebut terjadi setelah diterjang hujan deras dan angin kecang dari arah timur menuju barat, Kamis (19/10/2017) sekitar pukul 15.00 WIB.
“Beruntung tidak ada pengedara yang  melintas saat kejadian,” jelas Sarmin.
 
Menurutnya, pohon sono keling yang tumbang membuat arus lalu lintas Blora – Semarang macet hingga 5 kilometer. Sebab pohon tumbang berada di tengah jalan utama. 
 
“Tadi langsung ada petugas dari BPBD di bantu Kepolisian menyingkirkan pohon yang berada di tengah jalan,” jelasnya.
 
Hujan dan angin tersebut tidak hanya membuat pohon ambruk, sejumlah rumah milik warga di Desa Adirejo juga mengalami kerusakan ringan akibat diterjang angin yang menyerupai puting beliung.
 
“Puluhan rumah warga juga rusak , alhamdulillah tidak parah, hanya genteng berterbangan terbawa kencangnya angin,” imbuhnya.
 
Sementara itu mendengar informasi adanya pohon tumbang, petugas BPBD Blora, Satlantas Polres Blora, PLN dan Polsek Tunjungan langsung datang ke lokasi untuk menyingkirkan pohon yang roboh berada di tengah jalan.
 
“Kami dapat informasi langsung datang, alhamdulillah saat menyingkirkan pohon di bantu oleh pihak PLN, Satlantas sehingga tidak begitu lama dalam proses menyingkrikan pohon,” jelas Kepala BPBD Blora, Sri Rahayu.
 
Yayuk sapaan akrab Sri Rahayu menjelaskan, meskipun dibantu petugas kepolisian, tapi kemacetan juga terjadi cukup panjang, mengingat pohon tumbang berada di jalur utama Blora menuju Semarang.
“Ya, saat proses penyingkiran tadi kami lakukan proses buka tutup,” imbuhnya. 
 
Tidak hanya pohon, lanjut Yayuk, hujan deras juga yang disertai angin ini juga merusak sejumlah rumah dan merobohkan tower radio yang ada di Blora.
 
“Informasi yang kami dapat tadi ada rumah di Desa Adirejo rusak ringan karena diterjang angin dan ada satu tower di pusat kota ambruk. Alhamdullilah tidak  ada korban jiwa dalam kejadian ini,” terangnya.
 
Pihaknya juga mengimbau jika ada kejadian suatu bencana agar bisa segera melapor, tak hanya itu para pengedara juga di harap bisa lebih waspada dalam berkendaraan mengingat faktor cuaca sedang hujan berangin. 
 
“Kami imbau agar para warga segera malapor pada Kades, maupun instansi di kecamatan sehingga nantinya jika ada kejadian BPBD bisa segera mengetahui dan bisa segera membantu untuk penanganannya,” pesannya.(Priyo-Abd)

(Redaksi Solotrust)