Hard News

Rehab Disdagkop Klaten Dianggarkan Rp 295 Juta

Jateng & DIY

13 November 2017 16:19 WIB

Rehab kantor Disdagkop Klaten. (solotrust.com/jaka)

KLATEN, solotrust.com-Kantor Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disdagkop) Kabupaten Klaten mulai direhab. Hal itu untuk menghilangkan kesan kumuh pada halaman kantor serta pada bangunan yang sudah tua tersebut. 

Kasubag Perencanaan Disdagkop dan UMKM Klaten Mursidi mengatakan, total anggaran untuk rehab kantor Disdagkop sebesar Rp 295 juta. Rinciannya, rehab sedang berat Rp 205 juta, pemeliharaan rutin Rp 50 juta, dan penataan lingkungan kantor Rp 40 juta. Rehab itu dianggarkan dari APBD-P 2017.



”Dimulai sejak sekitar 2 pekan lalu. Mulai dari membuat tempat parkir, cat ulang gedung, membuat taman, rombak kamar mandi, dan menata bagian depan kompleks kantor,” jelasnya kepada wartawan, Senin (13/11/2017).

Sementara itu, Plt Kepala Disdagkop dan UMKM Klaten Sunardi mengatakan, perubahan tata ruang di kompleks kantor Disdagkop sesuai dengan perencanaan sebelumnya. Rehab dilakukan lantaran kantor Disdagkop terkesan kumuh dan kurang tertata.

”Biar nampak kalau ini sebuah kantor. Dulu kan terlihat tertutup dengan pepohonan dan lainnya. Kami buat agar tampak jelas. Jadi kalau ada masyarakat ingin ke kantor butuh pelayanan tidak bingung tanya sana-sini mana kantor Disdagkop,” katanya.

Semula kantor Disdagkop, kata dia, terlihat kumuh karena adanya pagar tembok tua di halaman parkir. Keberadaan pagar tembok dianggap mengganggu pemandangan karena sudah berusia tua dan lembab saat musim hujan. Selain itu, tumpukan aset seperti mebelair rusak dan arsip lawas di lorong bangunan berpotensi menjadi sarang nyamuk.

”Kami menghendaki kantor terlihat jelas, tertata rapi. Termasuk dilengkapi fasilitas workshop untuk menampilkan produk UMKM sekaligus menjadi lokasi pelatihan bagi pengunjung. Produk UMKM bisa bergiliran ditampilkan disini,” ucap Sunardi.

 

(jaka-Wd)

(Redaksi Solotrust)