Senin , 18 Desember 2017

Antisipasi Harga Naik, Pemkab Sragen Gelar Pasar Murah “Bergilir”

7 Desember 2017


Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat melayani pembeli di pasar murah di Desa Masaran. (dok. Humas Pemkab Sragen)

SRAGEN, solotrust.com – Pemerintah Kabupaten Sragen secara bergilir menggelar pasar murah di beberapa desa. Berbagai sembako dijual untuk masyarakat kurang mampu.

Terakhir, pasar murah digelar di Balai desa Masaran, Sragen, Rabu (612/2017). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sragen, dan merupakan putaran yang kelima.



Beberapa sembako dijual seperti beras, gula pasir, telur, dan minyak goreng. Paket sembako yang rata-rata di pasaran seharga Rp79.000, dijual seharga Rp44.000 karena disubsidi oleh Pemkab Sragen.

Dalam pasar murah tersebut dijual sebanyak 1.000 paket bagi masyarakat kurang mampu. Dengan rincian 500 paket di Kecamatan Masaran, dan 500 paket di Kecamatan Sidoharjo.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyebut kegiatan ini sebagai langkah untuk mengantisipasi kenaikan harga, terutama jelang Natal dan tahun baru. “Tujuan dari diselenggarakan pasar murah adalah untuk membantu masyarakat kurang mampu di Kabupaten Sragen dan untuk mengantisipasi harga-harga yang begitu tinggi,” ujar Bupati, saat ikut melayani pembeli di Pasar Murah, Rabu (6/12/2017).

Kegiatan pasar murah tersebut rutin digelar Pemkab Sragen di beberapa daerah. Bupati menerangkan, ini merupakan salah satu cara untuk menekan inflasi daerah.

“Ini salah satu cara untuk menurunkan inflasi daerah, biasanya diakhir tahun ada Natal dan tahun baru yang mengakibatkan harga-harga sembako naik,” lnajutnya.

Sebelumnya, digelar juga pasar murah di Balai Desa Bandung, Ngrampal sebanyak 1.000 paket bagi warga Kecamatan Sragen dan Ngrampal, lalu di Balai Desa Karangasem, Tanon sebanyak 1.200 paket bagi warga Kecamatan Plupuh dan Tanon, kemudian di Balai Desa Banaran, Sambungmacan sebanyak 1.200 paket bagi warga Kecamatan Sambungmacan dan Jenar, dan di Balai Desa Pendem, Sumberlawang sebanyak 1.300 paket bagi warga Kecamatan Sumberlawang dan Miri.

Sedangkan putaran yang keenam bakal dilaksanakan di Kecamatan Sukodono yang akan menjual sebanyak 1.200 paket untuk warga Kecamatan Sukodono dan Mondokan. Lalu untuk putaran ketujuh di Balai Desa Kragilan, Gemolong yang akan menjual sebanyak 1.200 paket untuk warga Kecamatan Gemolong dan Kalijambe.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrustcom
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com