Entertainment

Ini Fungsi Babinsa dan Bhabinkamtibmas

TNI / Polri

9 Desember 2017 22:44 WIB

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Serengan, Solo.

SOLO, solotrust.com - Mempunyai fungsi keamanan dan pencegahan sejak dini terhadap permasalahan yang mucul di tengah-tengah masyarakat, ternyata juga menjadi tugas pokok dari aparat TNI dan Polri. Tugas tersebut diemban oleh anggota satuan territorial yang langsung terjun di tengah-tengah masyarakat, mereka adalah para Babinsa (TNI) dan Bhabinkamtibmas (Polri).

Keberadaan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dinilai sangat efektif dalam menyelesaikan atau memantau munculnya resiko permasalahan di tengah-tengah masyarakat, sebelum masalah tersebut membesar.



Di sebuah kelurahan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dibantu Linmas kelurahan setempat akan bersinergi untuk memantau keadaan sekitar. Dalam keseharian mereka akan banyak berhubungan dengan masyarakat secara langsung, mereka akan menghadiri pertemuan-pertemuan di kampung dan memberikan penyuluhan-penyuluhan.

Sertu M nur, Serda E Lau W Anggota Kodim/0735 Surakarta dan Aiptu Puji Widodo Anggota Polresta Surakarta, yang sehari-hari bertugas sebagai Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kelurahan Serengan, Solo ini misalnya, mereka selalu melakukan patroli bersama, untuk keamanan wilayah Serengan.

Dalam setiap patrol wilayah, mereka senantiasa memberikan imbauan kepada warga.

“Biasanya kami meberikan imbauan kepada kepada warga untuk ikut bersama-sama peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya tindak criminal, menjaga wilayah agar kondusif, terutama titik-titik tertentu yang dianggap rawan.” Jelas Sertu M Nur, usai patroli patrol bersama, Jumat, (8/12/2017).

 Terlebih menjelang hari besar atau ivent besar seperti saat sekarang ini, dimana sebentar lagi akan ada perayaan Natal dan tahun baru, mereka akan lebih intensif melakukan pengawasan wilayah.

“Disini kami melakukan pengawasan wilayah dalam cipta kondisi menjelang perayaan Natal dan Tahun baru, sehingga nantinya warga bisa tenang dan antusias dalam perayaan hari besar keagamaan.” Ungkap Aiptu Puji.

Jelang Natal dan Tahun Baru seperti sekarang ini anggota TNI dan Polri tersebut juga melakukan patrol ke gereja-gereja di wilayah mereka serta melakukan pendekatan ke masyarakat, agar mereka yang merayakan ataupun yang tidak merayakan, dapat bersama-sama saling menjunjung tinggi toleransi.

“Kalau di wilayah sini cenderung kondusif, toleransi antar warga sangat bagus.” Ungkap Sertu M Nur. (wid)

(wd)