Hard News

Longsor Tutup Akses Jalan Antar Desa di Tawangmangu

Jateng & DIY

11 Desember 2017 12:12 WIB

Petugas sedang berupaya membersihkan akses jalan yang tertimbun longsoran tanah.

KARANGANYAR, solotrust.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar mengakibatkan tanah longsor, Minggu (10/12/2017) sekitar pukul 17.30 WIB. Akibat hujan deras tersebut mengakibatkan tebing setinggi 5 meter longsor dan menimbun jalan penghubung antara Desa Ngledok dan Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu sepanjang 30 meter.




Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0727 Karanganyar Mayor Inf Mantang yang berada di lokasi longsor mengatakan, lokasi tersebut memang rawan longsor, sehingga masyarakat sekitar sudah cukup mengenal dan segera menyelamatkan diri begitu ada tanda-tanda akan longsor. Atas kesigapan masyarakat, maka dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

“Saat kejadian longsor masyarakat segera menyelamatkan diri ke tempat aman, untuk menghindari korban jiwa. Mereka sudah cukup mengenal situasi di wilayah mereka, sehingga saat ini longsor hanya menutup akses jalan saja” Tutur Mayor Mantang.


Guna membuka akses jalan, petugas dari BPBD Kabupaten Karanganyar, dibantu Anggota TNI Kodim 0727 Karanganyar, Polres karanganyar dan Banser melakukan upaya pembersihan secara manual, karena alat berat belum bisa mencapai lokasi.

“Anggota Polres, Kodim, BPBD, Banser masih berada di lokasi untuk membersihkan longsoran dengan cara maual, karena alat berat belum bisa naik ke lokasi.” Jelas Kasdim.


Meskipun jalur tertutup longsor, masyarakat masih dapat menggunakan akses jalan lainnya jika akan menuju ke kota kecamatan atau ke desa-desa lainnya. (wid)

(wd)