Hard News

Perlunya Ibu Hamil Melakukan Olahraga Pra- Persalinan

Jateng & DIY

11 Desember 2017 12:24 WIB

Persiapan persalinan bagi ibu hamil. (solotrust.com/jaka)

KLATEN, solotrust.com- Seorang ibu hamil perlu menyiapkan diri sebelum buah hatinya dilahirkan, sehingga persalinan berjalan normal. Menurut Nur Aini Rahmawati selaku Owner Klinik Berliana Bunda Klaten, bahwa seorang ibu hamil pra- lahiran anaknya sangat perlu untuk melakukan olahraga atau mengikuti yoga kehamilan.

"Olahraga itu sangat penting sekali, tujuan untuk melatih otot-otot pinggul, kaki dan juga berlatih tehnik pernapasannya, agar nantinya saat melahirkan bersalin dengan normal," kata dia kepada wartawan di sela melatih yoga terhadap puluhan ibu hamil disebuah hotel di Klaten, Senin (11/11/2017).



Namun sebelum melakukan sejumlah pelatihan, kata dia, para ibu hamil tersebut diberikan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana membuat ibu hamil pra melahirkan menjadi sehat.

"Kami berharap para ibu hamil melahirkan dengan normal dan lancar," jelas Nur Aini.

Terkait hal itu, Dokter Spesialis Kandungan dr Taufik Rahman mengatakan, kehamilan adalah yang dinanti oleh semua orang tua yang ingin segera memiliki keturuan. Menurutnya, kehamilan yang benar adalah penyelamatan nyawa bayi yang dikandung dari ibunya sendiri.

"Di Indonesia angka kematian yang diakibatkan dalam persalinan cukup banyak. Hal itu karena kurangnya persiapan pada ibu hamil itu sendiri," katanya.

Dikatakannya, ada beberapa faktor yang menyebabkan kematian ibu dan bayinya dalam persalinan. Hal ini sang ibu kurang memperhatikan pola hidup sehat. Lanjut dia, bahwa kematian saat persalinan itu dapat ditekan dengan cara sang ibu dapat mengubah pola hidup sehat sebelum menikah.

"Pola hidup sehat memang perlu diperhatikan. Ya, penting sekali ibu hamil melakukan olahraga, seperti beryoga. Sehingga otot-otot akan terlatih sebelum melahirkan,"pungkasnya. (jaka)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya