Serba serbi

Kenali Penyakit Difteri dan Pencegahannya

Olahraga

11 Desember 2017 16:39 WIB

Sumber : Kemenkes

JAKARTA, solotrust.com - Difteri adalah suatu penyakit yang ditandai dengan demam disertai adanya pseudomembran (selaput tipis) putih keabu-abuan pada tenggorokan (laring, faring,  tonsil) yang tak mudah lepas dan mudah berdarah.

Salah satu komplikasi penyakit difteri adalah bila toksin masuk ke peredaran darah dan ke otot jantung, sehingga menyebabkan kelumpuhan otot jantung, bahkan kematian. Toksin ini hanya bisa dihentikan dengan pemberian Anti Difteri Serum pada penderita.



Di Indonesia, penyakit difteri mulai muncul kembali sekitar tahun 2003 di Bangkalan, Jawa Timur kemudian menyebar ke hampir seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur, sehingga ditetapkan oleh Gubernur sebagai KLB (kejadian luar biasa) pada tahun 2011.

Pada tahun berikutnya didapat laporan kasus difteri pada beberapa provinsi seperti Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur. Pada tahun 2014, Kota Padang juga melaporkan adanya kasus difteri dan dinyatakan sebagai KLB, kasus tersebut menyebar ke kabupaten Padang Pariaman dan Solok.

Untuk menanggulanginya KLB Difteri, seperti dilansir laman Kemenkes pada Februari 2016 silam, Kemenkes dan Dinas Kesehatan setempat melakukan beberapa tindakan di antaranya:

  1. Memberikan pengobatan pada penderita dan memberikan obat (profilaksis) pada kontak erat dan carrier (orang yang mengandung kuman tapi tidak memiliki gejala klinis difteri).
  2. Melakukan Outbreak Response Immunization (ORI) dan Sub PIN difteri dengan memberikan vaksin DPT-HB untuk usia 2 bulan - < 3 tahun, DT untuk usia 3 7 tahun dan Td untuk anak usia > 7 tahun dan pemberian profilaksis untuk kontak erat dengan penderita.
  3. Penguatan imunisasi dasar pada bayi dan imunisasi lanjutan pada batita dan anak sekolah dasar; Mempertahankan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata di seluruh wilayah.
  4. Memperbaiki manajemen pengelolaan dan sarana penyimpanan vaksin untuk menjaga mutu vaksin.

Pentingnya Imunisasi

Tidak ada upaya yang lebih efektif dalam mencegah terjadinya difteri selain pemberian imunisasi. Hal ini terbukti baik di dalam maupun di luar negeri. Di negara maju dengan status gizi dan hygiene yang tinggi, imunisasi tetap diberikan dalam upaya memberikan kekebalan khusus terhadap difteri.

Untuk daerah yang pernah terjadi wabah difteri dan dilakukan ORI, terbukti efektif memutus rantai penularan. Oleh karena itu imunisasi DPT sebanyak tiga dosis pada bayi ditambah dengan imunisasi lanjutan pada batita dan murid sekolah dasar dapat memberikan kekebalan terhadap penyakit ini.

Imunisasi lengkap dapat melindungi anak dari wabah, kecacatan dan kematian. Imunisasi tidak membutuhkan biaya besar, bahkan di Posyandu anak-anak mendapatkan imunisasi secara gratis.

Ada lima jenis imunisasi yang diberikan secara gratis di Posyandu, yang terdiri dari imunisasi Hepatitis B, BCG, Polio, DPT-HIB, serta campak. Semua jenis vaksin ini harus diberikan secara lengkap sebelum anak berusia 1 tahun diikuti dengan imunisasi lanjutan pada Batita dan Anak Usia Sekolah. (kemenkes)

(way)