Hard News

PLN Surakarta Luncurkan PASOPATI

Jateng & DIY

15 Desember 2017 10:21 WIB

PLN.





SOLO, solotrust.com- Untuk meningkatkan pelayanan dalam penyambungan dan penambahan daya baru, PT. PLN (Persero) Area Surakarta meluncurkan program PLN Pasang Baru On Line Cepat dan Pasti (PASOPATI). Program ini diharapkan menjadi solusi pelayanan cepat akan tingginya permintaan pasang baru dan tambah daya listrik dari masyarakat. Bekerjasama dengan Pemkot dan Pemda lain, PLN Surakarta meluncurkan program ini serentak di 11 titik rayon.

"Berdasarkan data, ada sekitar 500 sampai 600 permintaan pemasangan baru dalam sehari. Paling banyak dari daerah pinggiran seperti Jatisrono, Sumber Lawang, Sragen, dan lainnya. Adanya PASOPATI diharap menjadi solusi percepatan untuk penerangan listrik hingga ke daerah dengan cepat, mudah, pasti dan terintegrasi," ujar Mundhakir, Manager Area PLN Area Surakarta.

PLN Surakarta menyiagakan tim yang mampu menjalankan program itu secara cepat. Para tim dari 11 rayon itu terdiri dari 170 tim penyambungan, tim pemeliharaan, tim PDKB dan 11 orang untuk meninjau. Tim PASOPATI ini diperkirakan dapat merampungkan permintaan sambungan baru rata-rata 2 sampai 5 hari. Hingga Kamis (14/12/2017) PASOPATI mampu menyelesaikan permintaan masyarakat yang masuk daftar tunggu sebanyak 1532 pelanggan sambungan baru.

Mundhakir berharap, PLN berkontribusi dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, dengan menyediakan listrik untuk kebutuhan industri bisnis dan perumahan. Untuk itu pihaknya terus mengejar target rasio elektrifikasi Solo Raya hingga 100 persen di 2019. Meski sudah tercapai 98 persen, masih tersisa 2 persen yang belum terdata dan teraliri listrik.

"Dari sekitar 1.123.228 rumah tangga di Solo Raya, sekitar 1.106.131 sudah menjadi pelanggan PLN. Namun ada juga pelanggan non PLN sebanyak 1327, yang menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Sehingga 2 persen masyarakat yang belum terjamah listrik kira-kira 16.000," paparnya. (Arum)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya