Senin , 18 Desember 2017

Ratusan Siswa SMP 184 Keracunan Makanan, Ini Videonya!!

26 September 2017

SOLOTRUST.COM, Jakarta - Sebanyak 163 wiswa SMP Negeri 184 keracunan makanan di Bumi Perkemahan Cibubur, Kecamatan, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (24/9/2017) kemarin. Ratusan siswa mendadak mual dan muntah, bahkan ada yang pingsan, usai menyantap nasi kotak yang disediakan panitia.
Terkait kasus ini, Kepolisian Sektor Cipayung periksa tiga guru SMP Negeri 184.
 
"Tiga orang guru kami periksa," kata Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol. Andry Wibowo, di Polda Metro Jaya, Senin (25/9/2017).
 
Selain memeriksa tiga guru, polisi juga telah membawa sampel nasi kotak yang diduga jadi penyebab ratusan siswa keracunan. Sampel makanan kini sedang diuji di Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).
 
"Makanan dibawa ke BPOM diteliti baru hari ini," katanya.
 
Terkait kemungkinan adanya unsur pidana dalam kasus ini, Andry belum bisa menyimpulkan. Sebab, proses penyelidikan masih berjalan.
 
"Saya nggak bisa ngomong apa-apa kalau belum ada faktanya. Ya kita lihat nanti prosesnya," ungkapnya.
Sementara itu, dari data kepolisian, sebanyak 85 siswa telah mendapat perawatan di RS Melia. Selanjutnya, 16 siswa dievakuasi di RS Mitra Keluarga.
 
Sedangkan, RS Permata Cibubur merawat 8 siswa. Untuk RSUD Ciracas dan RSUD Pasar Rebo masing-masing merawat 6 siswa. Sisanya, 42 siswa dilarikan ke RS Polri.
 
Terkait dengan kasus ini KPAI juga sudah melakukan kunjungan kepada para siswa yang keracunan pada Senin (25/9/2017). 
 
"Empat orang anak yang dikunjungi masih merasakan keluhan sakit perut dan ada satu orang masih lemas. Perkembangan kesehatan 4 anak sudah mulai membaik dari kejadian semula. Menurut penuturan anak-anak, tahu isi yang diduga dari sumber keracunan tersebut ketika dimakan terasa asam," tulis Komisioner KPAI Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak,  Jasra Putra melalui rilis elektroniknya.
 
Lebih lanjut KPAI juga mengimbau supaya pihak sekolah memasitikan kesehatan dan waspada terhadap makanan yang dikonsumsi oleh anak diberbagai aktivitas sekolah. Termasuk memastikanan jajanan yang dijual disekitar sekolah layak dan sehat dikonsumsi oleh anak.
 
Suasana saat ratusan siswa keracunan sempat terekam kamera. Videonya pun beredar di media sosial. Klik link https://youtu.be/nTaXAH5Lbxc untuk melihat videonya!
 
(Ant/KPAI/Abd)

(Redaksi Solotrust)

Baca Juga:

Tarian dan Gending Jawa akan Meriahkan Pernikahan Kahiyang

  • Kontak Informasi SoloTrustcom
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com