Minggu , 22 Oktober 2017

Puluhan Pelaku Usaha Kreatif Diberi Pelatihan Ekspor Sementara

5 Oktober 2017


Badan Ekonomi Kreatif gelar Pelatihan Ekspor. (solotrust.com/daw)

SOLO, solotrust.com - Puluhan pelaku usaha di Kabupaten Karanganyar, Sragen dan Wonogiri mengikuti pelatihan ekspor di Hotel Novotel Solo. Pelatihan tersebut digelar oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam rangka pembinaan pengembangan pasar luar negeri bagi pelaku usaha kreatif. Tujuannya untuk menjadikan pengusaha-pengusaha di soloraya memiliki jaringan pasar luar negeri.  

Pelatihan ekspor ini hasil kerja sama antara pemerintah daerah dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) dengan jumlah peserta sekitar 75 pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dan UKM.  



Para peserta atau pelaku ekonomi kreatif itu akan diberi pembinaan pengembangan pasar luar negeri.  Direktur Bagian Pengembangan Bisnis Internasional Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) Boni Pudjianto mengatakan, kunci untuk mengangkat produk-produk lokal adalah dengan mengangkat kearifan lokal setempat dan tidak hanya dipasarkan lokal tetapi harus mampu menembus pasar internasional.

“Pelatihan hari ini, Kamis (5/10/2017) akan mengajarkan bagaimana para pelaku usaha agar memiliki strategi pemasaran tidak hanya di lokal namun juga internasional.  

Bekraf juga telah menggandeng Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia dalam pembahasan tata cara dan simulasi ekspor sementara. Salah satu dari sasaran strategis Bekraf adalah peningkatan nilai ekspor ekonomi kreatif indonesia dari 5,9% menjadi 10% pada tahun 2019. Dalam rangka melaksanakan pengembangan pasar melalui branding,  promosi dan publikasi ke pasar internasional, pelaku kreatif harus membawa barang ke luar negeri dalam waktu tertentu. Hal ini dikenal sebagai ekspor sementara.  

Ekspor sementara ini akan memberi keleluasaan gerak bagi dunia usaha. Program ekspor sementara ini merupakan salah satu fasilitas perdagangan berupa instrumen kepabeanan untuk melakukan ekspor-impor sementara, yang memungkinkan pergerakan barang lintas batas tanpa pengenaan bea masuk dan pajak.  

 

(Daw-Wd)

  • Kontak Informasi SoloTrustcom
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com