Kamis , 2 April 2020

Pohon Ratusan Tahun di Umbul Leses Tumbang Timpa Rumah Warga

10 Januari 2020 15:33 WIB


Pohon besar berusia ratusan tahun di Umbul Leses Dukuh Soko, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Boyolali tumbang menimpa rumah dan warung milik Suroso, Kamis (09/01/2020) malam

BOYOLALI, solotrust.com - Pohon besar berusia ratusan tahun di Umbul Leses Dukuh Soko, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Boyolali, Kamis (09/01/2020) malam sekira pukul 22.00 WIB tumbang menimpa rumah dan warung milik Suroso.  

Pada saat kejadian, wilayah itu tengah diguyur hujan deras. Beruntung tak ada korban jiwa, penghuni rumah dapat menyelamatkan diri saat pohon akan tumbang.



“Sebelum tumbang, saya mendengar suara dari pohon. Pohon itu nampak akan tumbang. Setelah melihat akan tumbang keluarga kami langsung keluar rumah menyelamatkan diri,” kata Suroso (42) kepada wartawan, Jumat (10/01/2020) pagi.

Robohnya pohon juga menimpa tangga dan besi pembatas hingga rusak parah. Termasuk merusak sejumlah tiang lampu hias di kawasan Umbul.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, padahal saat kejadian istri Suroso, Wahtini (40) sedang tidur di dalam rumah bersama dua anak dan seorang cucunya. Justru Suroso yang baru pulang mengalami luka di bagian kepala tertimpa reruntuhan atap rumah.

Kejadian itu menjadi tontonan warga, sedangkan Suroso dan keluarganya mengungsi ke rumah orang tuanya yang masih satu dukuh. Petugas Polsek Sawit dan pemerintah Desa Jenengan, Kecamatan Sawit juga datang untuk mendata kerugian akibat kejadian.

Awalnya, Suroso pulang dari acara yasinan dan tahlil di rumah tetangga. Sesampai di teras rumah, dia mendengar suara gemeretak dari arah pohon leses di sebelah rumahnya. Khawatir pohon bakal ambruk, dia bergegas masuk rumah untuk membangunkan keluarganya.

“Begitu masuk rumah, pohon ambruk dan menimpa rumah saya,” katanya.

Dia pun berteriak mengajak istri, dua anak, dan seorang cucunya untuk keluar menyelamatkan diri.

“Beruntung, istri, anak, dan cucu tidak terluka. Hanya kepala saya luka sedikit dan sudah dijahit,” ujar dia.

Sementara,  Sardi (40) keluarga korban menambahkan, warga tidak menyangka pohon tumbang justru yang masih berdiri kokoh. Padahal, di sisi Barat ada sebatang pohon mati. Warga pun sudah mengusulkan kepada jajaran terkait agar memotong pohon itu.

“Usia pohon di Umbul Leses ini sudah ratusan tahun,” ujar dia.

Kejadian itu merupakan kali kedua di kawasan Umbul Leses. Sebelumnya, batang pohon leses patah dan menimpa toko mebel pada Selasa (10/12/2019) sore. Toko mebel pun rusak berat karena tertimpa batang pohon berdiameter lebih dari 50 cm. (Jaka).  

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com