Serba serbi

Sering Mandi Malam Selama di #Rumahsaja, Ini 4 Dampak Buruknya

Kesehatan

17 Mei 2020 08:07 WIB

Ilustrasi.

 

JAKARTA, solotrust.com- Memasuki minggu ke-10 di rumah saja akibat pandemi Covid-19, banyak kegiatan yang mungkin mulai berantakan. Sebut saja waktu makan, waktu tidur hingga waktu mandi.



Tentunya, perubahan jadwal tersebut bisa memberikan pengaruh pada tubuh, khususnya yang kini terbiasa mandi di malam hari, situs Glamour dan New York Times menyebutkan beberapa dampak buruknya.

 

1. Sulit tidur

Dokter spesialis tidur di New York, Janet K. Kennedy mengatakan, mandi di malam hari dapat memicu insomnia. Hal tersebut disebabkan mandi yang bisa meningkatkan temperatur tubuh dengan drastis. Akibatnya, ini membuat Anda lebih segar dan terus terjaga.

“Itu sebabnya mandi lebih ideal dilakukan pagi dan siang hari agar berenergi dalam menjalankan aktivitas harian,” katanya.

 

2. Merusak kulit

Dermatolog dan profesor di Sekolah Kedokteran Icahn, Gary Goldenberg menjelaskan, banyak orang memilih untuk mandi di malam hari dengan air hangat. Padahal, suhu yang panas justru bisa menyebabkan iritasi dan kulit kering karena kandungan minyak alami pada kulit yang hilang.

 “Air hangat idealnya hanya boleh digunakan 5 menit saja. Selebihnya bisa merusak kulit,” katanya.

 

3. Gangguan metabolisme

Dampak lain dari mandi di malam hari adalah gangguan metabolisme pada tubuh. Dokter yang berfokus pada obesitas dan metabolisme, Michael Jensen, mengatakan saat malam hari, tubuh akan cenderung mulai melemah dan perlu istirahat. Apabila mandi dan pori-porti terbuka, air yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan pada hormon.

 “Metabolisme sangat berguna mengubah nutrisi menjadi energi. Ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh tetap prima. Mandi di malam hari bisa mengganggu kerjanya,” jelasnya.

 

4. Rematik

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan masalah kesehatan yang satu ini. Ahli rematik di Mount Elizabeth Medical Centre, Koh Wei Howe mengatakan peradangan pada otot atau rematik salah satunya bisa disebabkan oleh kebiasaan mandi di malam hari. Menurutnya, saat mandi tubuh akan menyerap cairan yang pada akhirnya berpengaruh pada kelembaban dalam sirkulasi darah tubuh.

“Ini mengakibatkan aliran darah stagnan dan menyebabkan nyeri tubuh secara umum pada otot,” ujarnya.

 

Oleh karena itu, sebagai pelajaran, usahakan untuk mengembalikan jadwal aktivitas seperti mandi tidak di malam hari lantaran berbagai dampak buruknya. #teras.id



(wd)