Serba serbi

Sebelum Membeli Kasur Lipat, Ini 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Tips & Trik

28 September 2021 20:33 WIB

Kasur lipat biasanya berfungsi sebagai kasur cadangan yang bisa sangat bermanfaat pada waktu-waktu tertentu. Tiap rumah sebaiknya memiliki kasur lipat untuk berjaga-jaga terhadap suatu kondisi khusus. Tak perlu khawatir, karena bentuknya yang simpel, kasur ini mudah disimpan. Kasur lipat disimpan dengan cara dilipat jika tidak sedang digunakan.

Nah, bagi Anda yang ingin memilikinya, saat ini kasur lipat bisa didapatkan dengan mudah melalui Blibli. Namun, agar tak salah dalam menentukan pilihan, pahami terlebih dahulu beberapa hal seputar kasur lipat berikut ini.



1.     Apa Saja Kelebihan Kasur Lipat?

Mengetahui kelebihan suatu barang yang akan dibeli tentu akan membantu Anda dalam mengoptimalkan fungsinya. Begitu pula dengan kasur lipat, ada sejumlah kelebihan yang menjadi ciri khasnya.

Kelebihan utamanya adalah tidak menyita tempat dalam ruangan, baik ketika digunakan maupun saat disimpan. Karena keunggulan itu, kasur lipat dapat menjadi andalan bagi Anda yang membutuhkan tempat tidur ekstra di ruangan terbatas.

Kasur lipat juga bersifat multifungsi. Bukan hanya sebagai alas tidur, benda ini bisa dijadikan sebagai alas duduk. Anda bisa membentangkannya di lantai ruang keluarga untuk diduduki saat bersantai.

Bentuknya yang mudah dibawa membuat kasur lipat sangat bermanfaat. Jika Anda terpaksa harus bermalam di tempat lain, misalnya menjaga pasien di rumah sakit, kasur ini bisa diangkut dengan cepat. Anda pun bisa menikmati istirahat yang nyaman.

2.     Jenis-Jenis Kasur Lipat

Jenis kasur lipat dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal, yaitu ukuran, motif, bahan, merek, maupun modelnya. Anda perlu mengetahui jenis-jenis kasur lipat beserta keunggulan masing-masing agar bisa menentukan pilihan yang tepat sesuai kebutuhan.

Sesuai fungsinya, kasur lipat pada umumnya tidak terlalu besar. Kasur ini biasanya menggunakan ukuran single bed alias untuk digunakan oleh satu orang. Namun, ada pula kasur lipat dengan ukuran yang lebih lebar sehingga lebih nyaman digunakan.

Motif kasur lipat juga bervariasi. Anda bisa saja tidak menggunakan sprei lagi untuk menutupinya karena kasur ini dirancang untuk langsung digunakan. Karena itu, jangan lupa memperhatikan motif kasur sebelum membelinya.

Dari segi bahan, kasur bisa terbuat dari bahan busa maupun dakron. Masing-masing memiliki kelebihan. Bahan busa bersifat ringan dan mudah dibersihkan. Selain itu, harganya juga terjangkau. Kelebihan bahan dakron adalah mudah dikemas dan tahan lama.

Merek dan model kasur lipat pun bermacam-macam. Merek berkaitan dengan kualitas yang ditawarkan. Karena kasur lipat digunakan dalam jangka panjang, sebisa mungkin pilih yang memiliki kualitas terbaik. Sementara itu, model kasur lipat dapat menjadi faktor pertimbangan bagi Anda sebelum membeli.

3.     Cara Merawat Kasur Lipat

Kasur lipat harus mendapat perawatan ekstra. Baik karena terlalu sering digunakan maupun karena lebih sering disimpan dalam jangka waktu yang panjang. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah rajin membersihkan kasur. Anda bisa mencucinya, apalagi jika baru saja terkena noda.

Selain itu, kasur lipat juga perlu dijemur. Cara ini lebih mudah dilakukan karena ukuran dan bentuknya yang simpel. Namun, usahakan untuk tidak menjemur kasur di bawah sinar matahari yang panas karena dapat merusak kualitasnya.

Cara lain untuk merawat kasur adalah menggunakan sprei. Meskipun sebenarnya bisa langsung digunakan, kasur lipat tidak mudah terkena noda jika ditutupi dengan sprei. Setelah digunakan selama beberapa waktu, sprei pun bisa langsung dicuci dengan cepat.

Untuk merawat kasur lipat agar lebih awet, sebaiknya ditempatkan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik. Baik saat digunakan maupun disimpan, sebaiknya kasur lipat tidak dalam kondisi lembap sehingga tidak mudah rusak.

4.     Ide Menggunakan Kasur Lipat

Untuk membuat kasur lipat berfungsi secara optimal, ketahui fungsinya. Anda bisa menggunakannya sebagai kasur tambahan ketika ada keluarga yang bermalam di rumah. Kasur ini pun bermanfaat sewaktu-waktu dalam suasana yang berbeda, misalnya ketika kamar tidur tidak memungkinkan untuk ditempati.

Kasur lipat dapat berfungsi sebagai alas duduk di lantai karena empuk dan nyaman. Dalam kondisi terlipat atau tidak digunakan, kasur lipat dapat digunakan untuk menaruh barang atau menjadi tempat duduk sederhana. Tipsnya, tambahkan kain bermotif cantik untuk menutupi kasur agar terlihat lebih estetis.

5.     Tips Memilih Kasur Lipat Terbaik

Nah, bagi Anda yang ingin membeli kasur lipat untuk kebutuhan di rumah, ketahui juga tips memilih produk terbaik. Hal ini biasanya berkaitan dengan kualitas kasur dan ketahanannya dalam jangka waktu panjang. Beberapa merek tertentu menawarkan jaminan kualitas yang tidak boleh diabaikan.

Selain itu, ukuran kasur lipat juga perlu menjadi faktor pertimbangan. Jika ingin memiliki kasur yang praktis saat disimpan, Anda bisa memilih ukuran single bed. Namun, jika ingin merasa lebih lega dan nyaman saat menggunakannya, Anda dapat memilih ukuran lain yang lebih besar.

Saat menentukan kasur lipat yang akan dibeli, perhatikan pula bagian bahannya. Pilihlah kasur yang terbuat dari bahan yang menurut Anda lebih baik, nyaman, dan tahan lama. Terakhir, faktor harga bisa membantu Anda memetakan jenis kasur lipat yang akan dibeli. Tentukan pilihan Anda berdasarkan bujet yang tersedia.

Nah, inilah sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan saat akan membeli kasur lipat. Agar kasur lipat tidak hanya tersimpan sia-sia karena tidak sesuai kebutuhan dan akhirnya jarang digunakan, pastikan Anda membelinya dengan penuh pertimbangan. Semoga bermanfaat!

(redaksi)