Serba serbi

Punya Kekuatan Super? Ilmuwan Ini Siap Membayarmu Rp172 Juta

Musik & Film

15 September 2018 20:47 WIB

Ilustrasi (Oddity Central-Photo: Juan Antonio Agraz Sandoval/Wikimedia Commons)

SOLO, solotrust.com - Pikirkan kamu bisa memindahkan benda-benda kecil hanya dengan menggunakan kekuatan otak, atau menemukan sumber air lewat sebuah tongkat. Ya, jika kamu dapat membuktikan kekuatan super, sekelompok ilmuwan di Jerman siap memberimu hadiah uang sebesar €10 ribu atau setara Rp172 juta. Sebuah angka yang fantastis bukan?

Sekelompok ahli fisika Jerman, ahli biologi dan psikolog, tergabung dalam Masyarakat Penyelidikan Ilmiah Para-Sciences (GWUP) percaya bahwa orang dengan kekuatan super seperti telekinesis, telepati atau kemampuan meramal tak boleh dianggap sebagai penipu belaka. Mereka harus benar-benar dipelajari dan diizinkan untuk membuktikan kemampuannya dalam kondisi laboratorium terkontrol. 



Setiap tahun, GWUP mengundang kandidat ke Universitas Würzburg, Jerman untuk memamerkan kekuatan super mereka dengan imbalan €10ribu. Tercatat, lebih dari 60 orang telah diuji dalam beberapa tahun terakhir, namun tak satupun dari mereka yang bisa mengklaim hadiah itu.

“Kami tidak di sini untuk membuat orang terlihat konyol. Kami hanya ingin menunjukkan bahwa banyak klaim semacam itu tidak masuk akal,” kata Rainer Wolf, seorang peneliti perseptual dan pengawas tes tahunan di Universitas Würzburg, dilansir dari Oddity Central, Sabtu (15/09/2018). 

Wolf dan teman-teman psikolognya di GWUP yakin, sebagian besar kandidat benar-benar percaya mereka punya kemampuan khusus yang belum dapat dijelaskan sains. Mereka terjebak dalam sistem kepercayaan dan itu sangat berarti bagi mereka. 

“Mereka tanpa sadar melupakan semua kegagalan dan sepertinya hanya mengingat saat-saat bahwa bakat mereka menghasilkan hasil yang luar biasa. Tetapi ketika datang ke pengujian sebenarnya, mereka selalu gagal,” kata Wolf.

Rainer Wolf sendiri telah menghabiskan banyak waktu dalam pengujian kekuatan super ini. Dia mencoba menjadikannya seadil mungkin dan meminimalkan keberuntungan sebanyak mungkin. 

Sebagai contoh, tahun lalu, salah satu kandidat pengujian menyatakan dia telah menguasai telekinesis dan dapat memindahkan benda-benda kecil dengan kekuatan pikirannya. Wolf pun menyuruhnya memindahkan selembar kertas kecil yang sebelumnya ditutupi dengan tutup kaca, sehingga angin atau aliran udara lainnya tak mengganggu. Pria itu mencoba memindahkan selembar kertas selama beberapa jam sebelum akhirnya menyerah.

Ada pula yang disebut ‘ahli geo-patologi,’ mengaku mampu menggunakan beliung kecil untuk mendeteksi sumber air, pipa dan bahkan kabel dialiri listrik. Wolf lantas menyuruhnya mengidentifikasi kabel listrik mana di ruang kelas universitas yang benar-benar dialiri listrik. Setelah mempersiapkan beberapa jam, ia mendapat 26 kabel dari total 50, seperti halnya orang normal menebak sesuai probabilitas.

Kandidat ketiga mengaku mampu melayang, namun dia juga gagal beberapa kali sebelum akhirnya menerima kekalahan.

Satu hal yang ada pada semua kandidat ini, menurut Wolf mereka punya kesamaan, yakni tidak membiarkan kegagalan menghancurkan keyakinannya. Bahkan, Prof Rainer Wolf mengatakan itu adalah kekuatan super sejati mereka, kemampuan untuk menemukan alasan dan mempertahankan kepercayaan diri dalam kemampuan mereka. 

(and)