Serba serbi

Ini Dia Orang Pertama yang Akan Berwisata Keliling Bulan dengan SpaceX

Teknologi

19 September 2018 07:58 WIB

SpaceX mengumumkan rencana baru untuk meluncurkan turis di sekitar bulan. (Dok SpaceX)

SOLO, solotrust.com – SpaceX akhirnya mengumumkan orang pertama yang memesan tiket perjalanan wisata berkeliling Bulan. Bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk, mengatakan bahwa turis tersebut adalah kolektor seni dan miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa.

“Dia telah membuat deposit yang signifikan pada harga, yang merupakan harga yang signifikan,” ujar Musk, melansir The Sun.



Yusaku akan menjadi penumpang pertama dalam perjalanan SpaceX ke Bulan. Yusaku, seorang pengusaha 43 tahun, mengatakan dia ingin menggunakan misi ini untuk menginspirasi perdamaian dunia. Namun ia menolak mengungkapkan kisaran duit yang ia bayarkan untuk perjalanan ini.

Yusaku mengatakan pada konferensi di California bahwa perjalanan ke Bulan adalah impiannya sejak dulu. Hal itu disebutnya sangat berharga, mengingat ia menjadi orang pertama yang pergi berkeleliling ke Bulan untuk berwisata.

"Saya berpikir tentang bagaimana ini dapat berkontribusi pada perdamaian dunia. Ini adalah impian seumur hidup saya,” katanya.


Yusaku mengatakan ambisi perjalanan ruang angkasanya terinspirasi oleh seniman termasuk Jean-Michel Basquiat, John Lennon, Andy Warhol, dan Pablo Picasso.

Dia bernjanji akan membawa enam hingga delapan seniman yang selama ini hidup dengannya dalam misinya ke Bulan. Rencananya seusai kembali ke Bumi, mereka mampu menghasilkan karya yang terinspirasi oleh perjalanan sekali dalam seumur hidupnya itu.

SpaceX yang berbasis di California adalah mitra komersial utama untuk NASA. SpaceX saat ini memiliki kontrak senilai $1,6 miliar (sekitar Rp17,8 triliun) dengan NASA untuk memasok astronot yang tinggal di ISS, melalui perjalanan kargo reguler pada pesawat ruang angkasa Dragon, diluncurkan di atas roket Falcon 9.

SpaceX akan membawa Yusaku mengelilingi Bulan dengan roket Big Falcon Rocket (BFR). BFR adalah kendaraan peluncuran besar-besaran yang dirancang untuk membawa orang ke luar angkasa.

(way)