Serba serbi

Rifqi, “Kids Zaman Now” Berprestasi yang Ciptakan Game Transportasi

Teknologi

30 Oktober 2017 13:32 WIB

Rifqi, siswa kelas 6 SD yang menciptakan game edukasi AR Transportasi (dok)

PASURUAN, solotrust.com - Frasa “kids zaman now” memang tengah hangat di jagad maya. Menggambarkan anak-anak generasi Z yang kehidupannya tidak jauh-jauh dari gadget.

Kini julukan “kids zaman now” juga diberikan pada Muhammad Rifqi Ardiansyah (Rifqi), siswa kelas 6 SDN Kandang Sapi 02 Pasuruan, Jawa Timur. Dia mempunyai prestasi membanggakan yakni telah menciptakan aplikasi game atau permainan edukasi yang diberi nama AR Transportation.



Dalam aplikasi itu, ia memperkenalkan jenis-jenis transportasi di Indonesia. Dengan teknologi AR, pengguna game ini tinggal menyorotkan kamera ponsel ke gambar yang sudah disiapkan saja. Selanjutnya, pada layar ponsel akan tampak jenis-jenis transportasi secara detail dalam animasi tiga dimensi.

Awal dari pembuatan game ini adalah kekhawatiran dari sang kakak, Deni Setiawan yang tidak ingin adiknya mendapatkan pengaruh buruk dari kegemarannya bermain komputer dan gadget. Oleh karena itu, Deni mendorong adiknya untuk coba membuat aplikasi game.

Kakaknya ini pulalah yang mengajarinya dalam membuat game. Proses pengerjaan game edukasi ini memakan waktu duabulan dan menggunakan bahasa pemrograman C Sharp (C#).

"Kerjaanya di rumah main game. Terus, saya tantang membuat game. 'Dek mau tidak buat game, nanti saya daftar lomba ini! Dan, dianya mau," ujarnya seperti dilansir dari tribunnews.

Karya Rifqi ini kemudian diikutkan dalam lomba yang diadakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasilnya, karya Rifqi lolos sebagai finalis kategori pelajar, bahkan menjadi peserta termuda yang lolos di babak grand final.

Beragam komentar positifpun disampaikan warganet melalui Instagram terhadap prestasi anak ini

ini baru kids jaman now yang keren!”, tulis akun @wahda8148.

mantep!! Terus berkarya dek!”, tulis akun @ichasey18.

ini generasi masa depan”, tulis akun @dutaperisandy_.

Tidak hanya sebagai pengguna gadget, anak-anak masa kini yang memang sudah sangat akrab dengan teknologipun bisa diajak untuk berkarya di bidang ini. Bukan hanya sebagai pengguna, tapi juga pencipta. Seperti Rifqi, “kids jaman now” yang berprestasi menciptakan permainan edukasi. Salut!

 

(Lin-way)

(Redaksi Solotrust)