Hard News

Waduh... Ditemukan Benda Asing di Dalam Perut Ikan Mola Mola yang Mati

Hard News

4 April 2019 03:35 WIB

Benda asing yang ditemukan di dalam perut ikan Mola Mola.

AMBON, solotrust.com- Bangkai ikan Mola Mola akhirnya dibedah oleh peneliti dari Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan Universitas Pttimura Ambon, Senin (1/4/2019). Sebuah benda asing berwarna merah kehitaman pekat dan padat ditemukan berada dalam usus ikan.

Proses bedah dikerjakan oleh dosen sekaligus peneliti, Profesor Dr. Jacobus Wilson Mosse bersama seorang asisten dosen pukul 10.00 WIT di tepi pantai tempat nelayan menemukan ikan, Minggu  (31/3/2019). Otopsi ikan juga dihadiri petugas BKSDA serta Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (LPSDPL) Sorong Wilayah Maluku, yang sejak hari pertama turun ke lokasi. Selama hampir satu jam mereka membelah dan mengeluarkan satu persatu isi perut untuk memastikan apa penyebab kematian ikan laut dalam itu.



“Ini apa kami belum tahu, tapi ini benda asing yang ada di perut. Isi perutnya sih bersih hanya ada ini (benda asing),” jelas Mosses sambil menunjukkan benda padat yang mengeluarkan bau busuk menyengat. Benda tersebut ditemukan usai mereka menjejali satu persatu organ dalam tubuh ikan. Bau tidak sedap serta cairan kuning berupa minyak dalam jumlah cukup banyak keluar dari tubuh ikan.

Ini merupakan tindakan pengambilan sampel yang pertama dari dua kejadian kemunculan Mola Mola. Selama proses itu tidak ditemukan adanya kotoran atau jejak sisa makanan di dalam usus. Diperkirakan kematian ikan sekitar seminggu sebab makanan telah habis diproses dan lambung kosong.

Saat usus dibuka, ada dua potong besar benda asing nyangkut di perut. Menurut Mosse penampakan fisiknya mirip dengan organ paru-paru hewan darat yang telah menyusut. “Mirip organ tubuh hewan darat ya, seperti sapi. Mungkin dibuang oleh warga hanyut dan dimakan si ikan,” jelas dia.

Mola Mola atau sunfish tergolong hewan yang oportunis mencari makanan. Makanan utamanya adalah ubur-ubur, morea atau cacing di dasar laut. Namun dia juga memakan apa saja yang kebetulan lewat di depan. Berdasar analisis sementara, kemungkinan benda asing itu dikenali sebagai makanannya. #teras.id

(wd)