Hard News

Puluhan Ayam Milik Warga Mati

Hard News

21 November 2017 09:26 WIB

ilustrasi. (net)

MAGELANG, solotrust.com - Warga Desa Sawangargo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang dihebohkan dengan matinya ayam peliharaan mereka. Ayam-ayam tersebut tiba-tiba mati tanpa diketahui penyebabnya.

Warga Dusun Dukuh Wetan Desa Sawanggargo Dasman mengatakan, di sekitar rumahnya bnayak ditemukan bangkai ayam. “Tidak tahu persinya kenapa ini bisa terjadi, sehari sebelumnya baru empat ekor yang mati, tetapi sampai hari ini (20/112017 -red ) total ayam mati sudah mencapai 30 ekor.” Jelas Dasman seperti dilansir dari tribtatanews.com.



Dasman  menambahkan, awal mula terjadinya musibah ini dua minggu lalu di dusun sebelah, yakni Dusun Citakan, Desa Kliwonan. Di sana ada ayam mati sebanyak 10 ekor dan di Dusun Dukuh Wetan total sebanyak 30 ekor. ”Saya sebenarnya memelihara ayam milik tetangga, bangkai ayam yang mati saya cek bersama warga lain terlihat di bagian wajah ayam berwarna biru,” jelasnya.

Sementara itu di warga Dukuh Wetan lainnya Sukastino juga mengalami hal serupa dengan Dasman. Saat ia cek kandang ayam miliknya, ada 10 ekor ayamnya sudah mati dengan kondiis kepala membiru.  

“Saya sempat mempergoki salah satu ayam dalam posisi sekarat dengan kondisi kejang-kejang yang akhirnya mati dengan kepalanya membiru dan mulutnya mengeluarkan air liur.” Jelasnya.

Atas kejadian ini kapolsek Salaman AKP H. Busro menyatakan, pihaknya bersama Dinas Peternakan Kabupaten Magelang tengah mendalami penyebab kematian ayam-ayam tersebut.

“Polsek bersama dengan Dinas Peternakan sedang mendalami dan menyeidiki penyebabnya.“ tutur Kapolsek.

 

(wid) 

(Redaksi Solotrust)