Hard News

Pos Polisi di Kulonprogo Ditembak Orang Tak Dikenal

Hard News

5 Juli 2019 12:56 WIB

Kaca Pos Polisi Siluwok nampak berlubang usai ditembak oleh orang tak dikenal.

KULONPROGO, solotruts.com- Pos Polisi (Pospol) Siluwok yang terletak di Jalan Nasional Wates-Purworejo tepatnya di Siluwok, Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditembak orang tidak dikenal, pada  Kamis (4/7/2019) sekitar pukul 04.00 WIB.  

Baca juga: Pos Polisi di Klaten Dibakar Orang Tak Dikenal



Salah seorang tukang ojek Marsono yang berada di belakang Pos Polisi Siluwok mengaku melihat ada dua pria berboncengan sepeda motor. Mereka melintas dari arah Purworejo ke timur, tujuan Wates. Namun baru sekitar 200 meter berjalan, motor ini kembali, saat melintas di depan pos inilah terdengar suara benturan yang cukup keras.

Usai menembak, pelaku langsung tancap gas ke arah Purworejo. Namun Marsono tidak bisa melihat secara detail kedua pelaku. Dia hanya sempat melihat perawakan keduanya kecil dan menggunakan jaket, namun tidak mengguakan helm.  

“itu jalan lagi deket-deket sini terus tiba-tiba mak klak gitu suaranya.” Terang Marsono.


Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution mengatakan, dari hasil olah TKP ditemukan peluru dan pecahan kaca. Jenis senjata yang digunakan air gun dengan peluru gotri. Penyelidikan awal pelaku menggunakan air gun dan peluru gotri.

“Dari peluru yang ada dan dari pecahan kaca yang kami perhatikan di olah TKP tadi dugaan awal adalah senjata jenis air gun dengan peluru gotri, yang ditembakkan dari arah timur ke barat.” Jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan, senjata tersebut menggunakan karbon dioksida (co2) sehingga membuat tekanan tembakan menjadi lebih besar. Tekanan tembakan itu lebih besar dibanding senjata air soft gun, dan senjata air gun tersebut cukup berbahaya.

“perbedaan air gun dan air soft gun, kalau air gun itu menggunakan Co2 sehingga memiliki tekanna yang lebih besar dibanding air soft gun. Air gun ini bisa berbahaya, kita lihat dari anatomi pecahan kaca, dengan peluru yang kecil retakannya cukup luas.” Terang Anggara.

Baca juga: Bercanda Bawa Bom di Bandara Adi Soemarmo, Penumpang Pesawat Kena Batunya

Saat ini pihaknya masih mendalami kejadian tersebut. Polisi yang datang langsung melakukan olah TKP dan menemukan proyektil di sekitaran pos Polisi tersebut. Proyektil ditemukan 6 meter di luar arah barat dari Pos Polisi. Tembakan itu pun membekas di kaca Pos Polisi Siluwok. (adam)

(wd)