Serba serbi

Kejuaraan Pencak Silat Digelar di Cholpon-Ata, Kyrgyzstan

Olahraga

25 Juli 2019 17:24 WIB

Duta Besar RI untuk Republik Uzbekistan merangkap Republik Kyrgyzstan, Sunaryo Kartadinata secara resmi membuka Kejuaran Pencak Silat "Central Asia Pencak Silat Beach Championship" di Cholpon-Ata, Kyrgyzstan. (Sumber: KBRI Tashkent via laman berita Kementerian Luar Negeri RI).

Solotrust.com - Kejuaran Pencak Silat "Central Asia Pencak Silat Beach Championship" akan digelar di  Cholpon-Ata, Kyrgyzstan.

Dilansir dari laman berita Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (25/7/2019), Duta Besar RI untuk Republik Uzbekistan merangkap Republik Kyrgyzstan, Sunaryo Kartadinata secara resmi membuka Kejuaran Pencak Silat itu (17/7).



Kejuaran Pencak Silat itu akan diikuti oleh negara-negara Asia Tengah yakni Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Kejuaraan Pencak Silat ini adalah upaya untuk meningkatkan hubungan sosial budaya serta mendekatkan hubungan antar personal (people to people contact) dan bagian dari soft diplomacy.

Dalam pembukaan kejuaraan tersebut, Dubes RI menegaskan bahwa meski Pencak Silat adalah seni bela diri tradisional, namun Pencak Silat cukup diminati dan berkembang pesat di tingkat internasional, tidak hanya di Kyrgystan bahkan di wilayah Asia.

Salah satu buktinya adalah digelarnya Kejuaran Pencak Silat di Cholpon-Ata tersebut, dan saat dimasukannya Pencak Silat dalam Asian Games 2018.

"Saya ingin memberikan dukungan penuh untuk pengembangan seni bela diri Pencak Silat di Kyrgyzstan, sekaligus berharap melalui kejuaraan ini akan lebih mendorong lahirnya atlet-atlet berbakat serta didukung oleh pihak sponsor dalam rangka pengembangan pencak silat itu sendiri", ujar Dubes Sunaryo Kartadinata.

Dubes juga berharap agar kompetisi dapat berjalan baik dan lancar serta diiringi semangat sportivitas tinggi dari para atlet yang mengikutinya.

Dalam kesempatan itu pula, Dubes menyerahkan bantuan berupa 10 body protector kepada Federasi Pencak Silat dari Republik Kyrgyz dan diterima langsung oleh Presiden Federasi, Mr. Kanybek Bikboev.

Mr. Kanybek Bikboev pun menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas perhatian dan bantuan yang diberikan serta dukungan dari Kedutaan Besar RI dalam kegiatan kejuaraan Pencak Silat tersebut. (Lin)

(wd)