Entertainment

Jungkook BTS Cetak Rekor di Billboard dengan Euphoria

Selebritis

17 Agustus 2019 01:28 WIB

Jungkook BTS. (Dok. Big Hit Entertainment).

Solotrust.com - Jungkook BTS kembali menorehkan capaian impresif dengan "Euphoria". Anggota termuda BTS itu kini menjadi artis solo pria dari Korea Selatan yang lagunya paling lama berada di chart World Digital Song Sales atau chart penjualan lagu-lagu digital dunia di Billboard.

Baca: BTS Puncaki Chart Single Bulanan Oricon dengan Lights/Boy With Luv



"Euphoria" terlihat kembali masuk chart itu (13/8) dengan menduduki peringkat ke-20. Dengan demikian, "Euphoria" kini sudah 22 minggu berada di chart itu, jumlah pekan terlama bagi penyanyi solo Korsel.

Sementara itu, di Spotify lagu itu juga sudah distreaming hingga 80 juta kali. Di YouTube, MV "Euphoria" pun sudah ditonton lebih dari 49 juta kali.

Lagu yang diciptakan oleh Jordan “DJ Swivel”, Candace Nicole Sosa, Melanie Joy Fontana, “HITMAN” Bang, Supreme Boi, Adora, dan RM itu juga diketahui menempati peringkat ke-9 sebagai lagu K-Pop terlaris di AS pada 2018.

Lagu yang menjembatani seri album “Hwa Yang Yeon Hwa (The Most Beautiful Moment In Life) dengan “Gi Seung Jeon Gyeol (Love Yourself)” itu juga berhasil masuk dalam playlist “Global Pop” di Apple Music.

Dari 44 lagu yang masuk playlist, lagu yang versi lengkapnya masuk dalam album “Love Yourself: Answer” yang rilis 24 Agustus 2018 itu menjadi satu-satunya lagu asal Korea Selatan yang ada dalam daftar.

Awal September 2018, RM yang merupakan salah satu pencipta lagu tersebut pun mengungkapkan behind the song terkait lagu bergenre EDM dengan future bass ini via V-Live.

RM mengungkapkan bagaimana dia mengarahkan Jungkook untuk bisa menyanyikan “Euphoria” dalam versi yang terbaik. RM mengatakan bahwa Jungkook saat itu harus merekam lagu itu berulang-ulang dan ia sendiri terus mendengarkan versi baru yang Jungkook nyanyikan tersebut.

RM pun memberikan komentar jujurnya pada cara Jungkook menyanyi saat itu, “Ketika pertama kali aku mendengar ‘Euphoria’ versi Jungkook, aku suka lagu dan iramanya, liriknya juga sangat cantik. Dia menyanyikannya dengan sangat bagus, namun bagiku sedikit membosankan. Aku ingin dia menambahkan emosi yang lebih ketika menyanyikan lagu itu,” kata RM.

RM pun kemudian memberi “tekanan” pada JungKook dengan mengatakan, “Kamu perlu menambahkan lebih banyak hatimu (perasaanmu) ke dalam lagu tersebut.”

 “Bayangkan kamu sedang syuting iklan minuman bersoda di taman pinggiran Sungai Han. Bayangkan kamu menyanyikan lagu ini di padang rumput, sehingga kamu bisa membawa emosi yang lebih lagi untuk lagu ini. Aku tidak tau persis seberapa banyak emosimu yang masuk dalam lagu ini, namun aku harap kamu bisa 'menghentak' orang melalui lagu ini,” tambah RM kala itu.

JungKook pun menerima arahan dari RM dan rekaman lagu “Euphoria” sendiri akhirnya berlangsung selama lima hingga enam kali.

Baca: Winter Bear, Lagu Indah yang Menenangkan dari V BTS

“Hasilnya adalah, seperti yang kalian ketahui, (Euphoria) adalah lagu yang sempurna. Lagu itu menjadi sebuah lagu yang sempurna. Aku tidak bisa mengharapkan yang lebih lagi dari ini, dari liriknya, melodinya dan bahkan sampai penyanyinya (Jungkook). Lagu itu seperti sebuah lagu magis. ‘Euphoria’ sendiri juga berarti dalam keadaan yang sangat gembira,” kata RM puas.

Untuk lagu ini, RM turut serta dalam menulis beberapa bagian seperti bagian bridge serta menambahkan lirik dengan diksi yang terdengar hampir sama, seperti di lirik “When I’m with you I’m in utopia”, di mana kata “Euphoria” dan “Utopia” terdengar hampir sama. (Lin)

(wd)