Minggu , 5 April 2020

Praktisi Tipografi Bagikan Ilmu Rancangan Huruf kepada Mahasiswa ISI

17 Desember 2019 21:31 WIB


Workshop creative sharing bertema “Typeface of Surakarta Heritage”

SOLO, solotrust.com – Fadhl Waliy Ul Haqq sebagai praktisi tipografi bertaraf internasional memberikan workshop creative sharing bertema “Typeface of Surakarta Heritage” untuk menelusur jejak visual sejarah dan budaya di Kota Solo dalam acara yang digelar di Ruang Animasi Digital Gedung V, Kampus Program Studi (Prodi) DKV FSRD ISI, Mojosongo, Solo, Senin (16/12/2019)

“Mahasiswa saya ajarkan mengenai merancang huruf yang mengacu pada memodifikasi anatomi huruf yang dibentuk dari ciri jejak visual sejarah maupun budaya Surakarta, di antaranya bangunan bersejarah, monumen, museum, arsitektur kuno, pasar tradisional, dan simbol budaya, baik bendawi (tangibel) maupun nonbendawi (intangible),” ujar Fadhl, usai kegiatan.



Fadhl menceritakan pengalaman profesionalnya di bidang typefondry dan langkah-langkah praktis terkait perancangan huruf dari pembentukan huruf hingga mengonversi dalam bentuk huruf ketik berekstensi TTF. Bahkan, ia telah menghasilkan puluhan typeface berbayar yang digunakan di berbagai benua, seperti Amerika, Asia, dan Eropa.

Sementara itu, dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, Taufiq Murtono, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Tipografi Nusantara dengan fokus kajian merancang dan mengkaji tipografi bercitra budaya Nusantara sebagai perkuliahan praktik 3 SKS, diselenggarakan pada semester ganjil sehingga pesertanya hanya mahasiswa semester 3 angkatan 2018.

Taufiq berharap, melalui kegiatan dalam mata kuliah ini dapat memberikan kontribusi bagi pengenalan budaya Kota Surakarta yang berwujud huruf, sehingga budaya kota tersebar ke seluruh penjuru dunia dengan bentuk huruf dan keunikan bentuk-bentuk yang mencirikan khasanah sejarah dan budaya Kota Surakarta.

“Mereka mendapatkan pengayaan materi belajar-mengajar terkait kemampuan mahasiswa dalam merancang huruf typeface yang bercitra nuansa heritage di Surakarta. Hasil perancangan huruf ini kemudian diunggah pada website portofolio huruf yang memungkinkan untuk diakses dan bisa di-download gratis oleh semua orang secara global,” ujarnya. (adr)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com