Selasa , 31 Maret 2020

Kill This Love Antarkan BLACKPINK Raih Sejumlah Pengakuan Global

7 Januari 2020 03:58 WIB


BLACKPINK dalam "Kill This Love". (Dok. YG Entertainment).


Solotrust.com - BLACKPINK mendapat sejumlah pengakuan global berkat hitnya "Kill This Love". Pada 4 Januari 2020, MVnya telah ditonton lebih dari 700 juta kali di YouTube, raihan tertinggi untuk girlgroup K-Pop.



Dengan ini, BLACKPINK pun menjadi grup K-Pop pertama sepanjang sejarah yang memiliki 4 MV dengan lebih dari 700 juta kali tayang, yakni "DDU-DU DDU-DU", "Boombayah", "As If Its Your Last", dan "Kill This Love".

Baca: Kill This Love BLACKPINK Dipilih Sebagai MV Terbaik 2019 oleh Tracklist

"Kill This Love" juga diumumkan YouTube menempati ranking ke-8 sebagai MV yang paling banyak ditonton di dunia tahun 2019.

Di Billboard, "Kill This Love" berhasil masuk di peringkat ke-41 chart HOT 100 dan ke-24 Billboard 200, yang merupakan rekor terbaik girlgroup K-Pop sepanjang sejarah. Lagu itu sukses berada di kedua chart tersebut selama 4 minggu berturut-turut, yang juga merupakan rekor terlama untuk girlgroup K-Pop sepanjang sejarah.

Tak hanya Billboard, "Kill This Love" juga berhasil masuk peringkat ke-33 chart single Official di Inggris, yang juga merupakan rekor terbaik untuk girlgroup K-Pop sejauh ini. Lagu itu bertahan selama 5 minggu berturut-turut di sana.

Tak hanya di Barat, "Kill This Love" juga merajai Cina, dengan berhasil menjadi lagu dengan penjualan tertinggi di chart album digital K-Pop 2019 di QQ Music, platform musik terbesar di Cina dengan sekitar 400 juta pengguna per bulannya.

Tak hanya itu, "Kill This Love" juga menempati peringkat pertama dalam chart 20 lagu K-Pop paling top 2019 di KKBOX, platform streaming musik terbesar di Asia.

Media-media global pun banyak yang memilih lagu itu sebagai lagu terbaik tahun 2019, antara lain majalah PAPER dari AS memilihnya sebagai Song of the Year, majalah GQ dari Inggris memasukkannya ke daftar "The Biggest, Boldest Songs of 2019", dan Billboard yang memasukkan lagu itu ke daftar 100 lagu terbaik 2019.

Dari sisi MV, majalah musik global Tracklist menempatkan "Kill This Love" sebagai MV terbaik di dunia tahun 2019 dan majalah kritik musik Pitchfork memasukkanya dalam daftar MV terbaik 2019. Grup beranggotakan Jennie, Rosé, Lisa, dan Jisoo ini juga memenangkan kategori "Music Video of the Year" dalam E! People’s Choice Awards.

Teddy, yang sebelumnya juga memproduksi hit BLACKPINK termasuk "DDU-DU DDU-DU" menciptakan lagu ini. Secara lebih rinci, "Kill This Love" musiknya dibuat oleh Teddy, R.Tee, 24 dan Bekuh Boom. Sementara liriknya dibuat oleh Teddy dan Bekuh Boom. Dalam hal arrangement, dikerjakan Teddy, R.Tee, dan 24.

"Kill This Love" adalah lagu elektro-pop yang menghentak. Lagu ini menampilkan beberapa lirik Bahasa Inggris yang cukup panjang. Vokal khas Rosé dan Jisoo berpadu apik dengan rap mumpuni dari Jennie dan Lisa.

Secara lirik, lagu ini adalah 'anti-love song', yang berfokus pada hubungan percintaan yang sudah runtuh. Jika sebelumnya mereka identik dengan hook "DDU-DU DD-DU", maka di "Kill This Love" BLACKPINK menirukan suara drum dengan hook "Rum Pum Pum Pum."

Baca: Cover The Christmas Song, Rosé BLACKPINK Trending Pertama di YouTube Worldwide

MVnya sendiri menampilkan 4 anggota BLACKPINK dengan berbagai citra, seperti sangat futuristik namun juga menampilkan sisi klasik, dengan berbagai kostum seperti gaun dengan mahkotanya, streetwear, kostum ala dewi, dan kostum dengan gaya Tomb Raider. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com