Hard News

Jadi Trending Topic Twitter, Begini Awal Mulanya #HoaxMembangun

Hard News

4 Januari 2018 10:52 WIB

Kepala BSSN Djoko Setiadi

SOLO, solotrust.com – Jagat dunia maya malam tadi (3/1/2018) dihebohkan dengan tagar #HoaxMembangun. Beragam tweet bermunculan dengan tagar tersebut.

Pantauan solotrust.com, hingga dini hari tadi tagar tersebut masih bertengger di puncak trending topic Twitter. Selain karena menggunakan kata kunci unik, beberapa akun publik figur hingga media-media nasional juga ikut meramaikan tagar tersebut.



Lantas, seperti apa cerita dibalik tagar tersebut?

Tagar #HoaxMembangun diawali dari pernyataan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi usai dirinya dilantik di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, kemarin.

Usai dilantik, awak media pun langsung menyodorkan pertanyaan seputar hoaks. Awak media saat itu bertanya apakah BSSN nantinya berpengaruh untuk menghalau penyebaran hoaks.

Djoko langsung memberikan pernyataan yang menjadi biang munculnya tagar tersebut. Begini pernyataan lengkap Joko usai ditanya awak media.

Sangat berpengaruh. Tentunya hoax ini akan kita lihat, memang hoax ada positif dan negatif. Saya juga mengimbau pada kawan-kawan, putra-putri bangsa ini, mari sebenarnya kalau hoax itu hoax membangun kita silakan saja, tapi jangan terlalu memproteslah, menjelek-jelekanlah, ujaran-ujaran tak pantas, saya rasa bisa pelan-pelan dikurangi.

Sontak pernyataan Djoko tersebut langsung ditanggapi dengan beragam tweet oleh warganet.

Tahu pernyataannya menjadi viral di media sosial, Djoko pun memberikan tanggapan. Dirinya mengaku menghapus (mencabut) pernyataan tersebut.

Djoko mengaku tidak bermaksud menyebarkan hoaks. Dirinya hanya ingin memberikan pancingan agar publik menjadi kritis akan penyebaran hoaks.

(way)