Serba serbi

Ternyata Garam Bisa untuk Perawatan Wajah, Begini Faktanya

Olahraga

6 Januari 2018 12:25 WIB

(ilustrasi garam)

SOLO, solotrust.com - Garam sangat identik dengan bahan untuk memasak. Selain digunakan untuk penambah rasa dalam sebuah masakan, garam juga biasanya disajikan di sebuah meja rumah makan untuk menambah takaran rasa makanan.

Namun di luar untuk kebutuhan memasak dan makanan, ternyata garam memiliki beberapa kegunaan untuk perawatan wajah lho. Berikut ini solotrust.com merangkum beberapa fakta menarik seputar kegunaan garam dapur selain untuk keperluan memasak.



1. Garam Dapat Mengurangi Jerawat di Wajah

Salah satu manfaat garam untuk wajah berjerawat adalah mengurangi dan menyembuhkan jerawat secara signifikan. Hal ini disebabkan kandungan potasium maupun belerang yang terdapat di dalam garam. Dua komponen ini akan bekerja untuk menyeimbangkan konsentrasi air di dalam kulit serta menghilangkan kotoran yang bisa membuat jerawat bertambah parah.

Caranya yaitu, dengan menyiapkan sekitar tiga sendok makan garam dapur, tambahkan 150 mililiter air ke dalam garam dan panaskan campuran air garam tersebut di panci. kemudian hadapkan muka ke panci berisi air garam. Biarkan uap air garam tersebut menempel di wajah kita selama 15 sampai dengan 20 menit. Yang perlu diingat adalah, air yang dipanaskan tersebut jangan terlalu mendidih, supaya wajah kita tidak terluka karenanya, dan sebelum memulai ini, lebih baiknya bersihkan wajah terlebih dahulu.

2. Garam Dapat Menghilangkan Bopeng/Lubang di Wajah

Garam dengan kandungan mineralnya yang tinggi ternyata mampu membuat bopeng tidak terlihat dan dapat memperbaiki jaringan kulit. Penggunaannya juga bisa mengencangkan kulit wajah dengan baik.

Langkahnya adalah, panaskan air garam di atas panci selama beberapa saat (jangan sampai mendidih). Selanjutnya celupkan handuk bersih ke dalam campuran air garam tersebut dan tutup wajah menggunakan handuk yang sudah dicelupkan. Diamkan selama sekitar 10 sampai dengan 15 menit dan kemudian dibilas menggunakan air dingin. Lalu, pijat wajah dengan air garam dan beberapa tetes minyak zaitun secara perlahan dengan gerakan memutar. Untuk hasil terbaik lakukan perawatan ini 2 kali seminggu, niscaya bopeng atau lubang di wajah kita tidak akan terlalu terlihat dan mulai berkurang.

3. Garam Mampu Mengontrol Kandungan Minyak dalam Wajah

Manfaat garam untuk wajah berminyak adalah mengontrol minyak di wajah kita dengan baik. Alasannya sama dengan alasan untuk wajah berjerawat, yaitu karena garam mengandung potasium maupun belerang di dalamnya.

Cara mengontrol minyak menggunakan air garam ini sangat mudah, bisa dengan menguapi wajah menggunakan air garam setiap malam hari sebelum tidur atau dengan membilas wajah menggunakan air garam. Lakukan yang sesuai dengan waktu kita yang tersedia. Niscaya wajah kita tidak akan terlihat terlalu mengkilap dan kita pun akan merasa jauh lebih percaya diri dalam berbagai kesempatan.

4. Garam Ampuh Berperan Sebagai Detoks Wajah

Khasiat garam untuk wajah yang lain adalah mendetoksifikasi segala sesuatu yang buruk di wajah dengan baik. Caranya, siapkan tiga sendok makan garam, lalu campurkan garam tersebut ke air yang hangat-hangat kuku sampai larut. Basuh wajah dengan air garam tersebut lalu diamkan selama 10 menit atau kurang. Wajah akan langsung terasa lebih segar karena kotoran maupun racun di wajah sudah menghilang. Agar wajah lebih kenyal, bersinar, dan kencang, lakukan perawatan ini setiap dua hari sekali. Wajah juga akan bebas dari jerawat karena dibersihkan secara mendalam.

(dkl)

(way)