Sabtu , 8 Mei 2021

Prediksi Kriteria Smartphone yang bakal Ngetren di 2021

11 Desember 2020 17:35 WIB


Ilustrasi (Dok. Istimewa)

Solotrust.com - Semakin dekatnya 2021, kita mungkin akan bertanya-tanya mengenai tren smartphone di tahun depan. Sejumlah produsen telepon seluler (Ponsel) cerdas tentunya juga telah mempersiapkan produk-produk yang akan diluncurkan dengan membawa fitur dan teknologi unggulan.

Pada 2021, produsen smartphone kemungkinan akan meneruskan tren dan teknologi yang telah ada saat ini, seperti artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, tampilan layar tanpa bezel, kapasitas memori yang kian lapang, serta kemampuan kamera mumpuni. 



Selain itu, smartphone yang akan beredar tahun depan kemungkinan mulai mengadopsi teknologi 5G dan pemanfaatan prosesor kelas atas. Di lain sisi, fitur kamera tetap akan menjadi salah satu unique selling point (USP) dari sebuah smartphone. Para produsen smartphone juga akan saling berlomba menciptakan perangkat dengan layar futuristik yang lebih tahan terhadap goresan, transparan, lebih jernih, dan tajam saat menampilkan visual. 

Seqara Communications dalam siaran persnya, Jumat (11/12/2020), menyebut ada empat karakteristik smartphone yang menjadi andalan untuk ditawarkan ke konsumen. Berikut uraian lengkapnya.

1. Perangkat yang Mudah Digenggam

Rata-rata smartphone beredar di pasaran saat ini memiliki ukuran layar di atas 6 inci. Kehadiran ukuran layar besar tak lain adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna agar lebih nyaman saat mengakses konten video, foto, dan gim. Namun, terkadang ukuran layar lebar berimbas pada bobot yang kian berat sehingga kurang ergonomis saat digenggam.  

2. Layar Tanpa Bezel dan Tahan Gores

Generasi lanjutan dari Gorilla Glass kemungkinan akan diaplikasikan para produsen smartphone di tahun depan. Saat ini, Corning telah melakukan revolusi terhadap produknya dengan sebuah teknologi untuk menjadi lebih baik dalam menahan benturan dan goresan pada sisi bagian dalam.

Teknologi baru itu tertuang dalam produk bernama Gorilla Glass Victus yang telah dites dan mampu menahan layar agar tidak pecah saat perangkat dijatuhkan dari ketinggan dua meter ke permukaan keras dan kasar. 

Selain faktor ketahanan layar, para produsen smartphone di 2021 juga akan berkonsentrasi pada layar tanpa bezel atau tepi. Tanpa adanya bezel, secara tidak langsung layar smartphone akan kian maksimal dalam menampilkan konten. Selain itu, layar dengan resolusi tinggi menjadi salah satu kriteria wajib untuk smartphone yang akan beredar di tahun depan.

3. Pengisian Baterai nan Cepat

Di 2021, teknologi pengisian daya super cepat, baik dengan kabel atau nirkabel kemungkinan semakin jamak dipakai di perangkat smartphone

4. Kamera Inovatif dan Mumpuni 

Penggunaan media sosial dan digital menjadi bagian yang sangat menyatu dalam kehidupan sehari-hari anak muda di Indonesia. Platform media sosial memudahkan anak muda untuk berinovasi dan berkreasi menghasilkan konten menarik setiap harinya.

Dengan teknologi kamera semakin canggih pada smartphone di 2021 mendatang akan memudahkan mereka untuk membuat konten foto atau video. Bahkan, proses editing foto atau video juga bisa dilakukan dari perangkat smartphone secara langsung. (and)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com