Rabu , 14 April 2021

Mengenal Madihin, Kesenian Tradisional Monolog Khas Banjar

4 Maret 2021 17:35 WIB


Seni Madihin dari suku Banjar Kalimantan Selatan yang biasa ditampilkan secara monolog (Dok. Istimewa/wisatakalimantan)

Solotrust.com - Indonesia merupakan sebuah negara luas dan kaya seni budaya. Beragam daerah memiliki seni dan budaya masing-masing sehingga tak jarang warga negara asing tertarik mempelajari keanekaragamannya. Bahkan, tidak sedikit mahasiswa darmasiswa kembali ke Indonesia untuk memperdalam kesenian yang ada.

Salah satu kesenian tradisional Indonesia ialah Seni Madihin. Kesenian dari suku Banjar Kalimantan Selatan ini biasanya ditampilkan secara monolog.



"Seni Madihin merupakan kesenian khas dari suku Banjar Kalimantan Selatan, berupa suguhan monolog oleh satu atau dua orang seniman tradisional yang merangkai syair dan pantun, diiringi musik gendang khas Banjar," terang akun Instagram @kemdikbud.ri dalam postingannya, Rabu (03/03/2021)

Seni Madihin biasa ditampilkan sebagai sebuah hiburan dalam acara pernikahan atau peringatan besar lainnya dan biasa disajikan pada malam hari. Biasanya kesenian ini berisikan materi tentang sindiran, bermuatan pesan sosial dan moral dengan kosa kata menggelitik.

Seni Madihin pada perkembangannya sudah menyebar keluar Kalimantan Selatan hingga mencapai Provinsi Riau dan Jambi. Pada 2012, kesenian tradisional ini telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Kalimantan Selatan. (dd)


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com