Hard News

Kepala Dinkes Solo dan Ketua KPU Solo Terima Kartini Award

Jateng & DIY

22 April 2021 19:31 WIB

General Manager The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari menyerahkan Kartini Award 2021 ke Kepala Dinas Kesehatan Solo Siti Wahyuningsih, Rabu, 21 April 2021.

SOLO, solotrust.com - Kartini Award 2021 versi The Sunan Hotel 2021 kali ini terasa lain sebab dua Srikandi Solo yang terpilih diketahui memiliki kiprah penting saat situasi pandemi Covid-19 terjadi yang pasti tidak mudah dihadapi.

Adalah dr. Siti Wahyuningsih, M.Kes, M.H, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan Nurul Sutarti, S.P., M.Si. Ketua KPU Kota Surakarta yang menerima penghargaan Kartini Award 2021 yang diserahkan langsung oleh General Manager The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari tepat pada Hari Kartini, Rabu, 21 April 2021.



Menurut Retno, satu tahun belakangan ini kita semua berada dalam situasi sungguh luar biasa yaitu krisis kesehatan, ekonomi dan psikologi akibat pandemi Covid-19. Mencermati dinamika tersebut, Kartini Award dari The Sunan Hotel Solo tahun ini memilih tokoh wanita yang memiliki peran penting selama pandemi.

"Jadi yang pertama adalah kita sama-sama paham bahwa ini situasi pandemi dan ini sangat spesifik ya. Kebetulan kita lihat peran perempuan di masa pandemi ini luar biasa. Harus berhasil dalam peran domestik dan dalam pekerjaan atau profesinya. Perempuan memiliki peran ganda bahkan triple saat pandemi," terangnya pada media, Rabu (21/04/2021).

Kepala Dinkes Solo Siti Wahyuningsih dinilai sangat tanggap dengan situasi dan berupaya untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan dan PHBS, mengawal itu semua sampai titik vaksinasi ini dilakukan.

"Itulah yang membuat kita memilih Bu Ning untuk bisa menerima penghargaan dari kita. Saya yakin ini bisa menjadi pemacu bagi wanita, di dalam situasi krisis ekonomi, kesehatan dan psikologi saat pandemi seperti ini, perempuan mampu mengambil peran itu," tambahnya.

Retno berpesan, jangan sampai perempuan memandang remeh kemampuan diri sendiri. Tetapi justru wanita harus mengeksplorasi apa yang menjadi titipan Tuhan dalam diri sendiri untuk kemudian dikontribusikan ke keluarga dan masyarakat. Itulah makna dari penghargaan Kartini Award ala Sunan.

Sedangkan tokoh inspiratif perempuan lainnya, Nurul Sutarti sebagai Ketua KPU Solo dinilai sebagai sosok Kartini pengawal demokrasi yang berperan dalam menyukseskan Pilkada kota Solo. Ia terjun langsung dalam aktivitas pilkada demi kelancaran pesta demokrasi sehingga Pilkada Kota Solo berjalan sukses dan damai.

Retno menambahkan bahwa semangat yang dimiliki Kartini-Kartini modern kota Solo ini diharapkan mampu memberi inspirasi kepada seluruh perempuan untuk maju dan berperan positif dalam keluarga, masyarakat dan negara.

"Kartini yang cerdas dan tangguh saling bahu membahu bersama kaum laki-laki dalam konteks majunya pembangunan. Kami mendorong peran perempuan untuk berkiprah tanpa melupakan kodratnya sebagai perempuan," ajaknya.

Sementara itu, Siti Wahyuningsih menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari The Sunan Hotel Solo. Sehingga ia termotivasi untuk selalu berkarya lebih baik lagi dan bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

"Jadi justru dengan seperti ini saya harus lebih baik dan lebih baik lagi, bisa bermanfaat bagi masyarakat. Intinya gampang, mencintai pekerjaan. Asalkan kita mencintai pekerjaan pasti kita akan bekerja lebih baik," lata wanita yang akrab disapa Ning ini.

Menurutnya, situasi pandemi jangan dianggap berat tetapi justru dianggap sebagai tantangan. Sehingga kita dipaksa keluar dari rutinitas sehari-hari dan pikiran menjadi terstimulus untuk mengatasi tantangan tersebut. (rum)

(end2021)