Entertainment

Poppy Sofia Coba Kesenian Debus

Selebritis

24 April 2021 17:31 WIB

Artis Poppy Sofia berkesempatan ikut merasakan atraksi debus (Foto: Instagram @popsovia)

Solotrust.com - Debus merupakan sebuah kesenian bela diri yang masih dipelihara di daerah Banten hingga saat ini. Pertunjukannya menampilkan kekebalan tubuh manusia terhadap benda tajam maupun air keras dan lain sebagainya membuat orang yang melihat terkadang merasa miris.

Artis Poppy Sofia berkesempatan ikut merasakan atraksi debus bersama Eddi Brokoli dan teman-teman touring motor mereka.



"Pagi gaess, akhirnya merasakan juga tradisi debus," tulis akun Instagram @popsovia, Sabtu (24/4/2021).

Poppy Sofia melakukan atraksi debus bersama Kasepuhan Sinar Resmi. Awalnya, Poppy Sofia mengaku takut dan tidak mau mencobanya, namun karena merasa sayang jika dilewatkan, Poppy pun memberanikan diri untuk mencobanya.

Dalam video yang diunggah, terlihat wajah Poppy tegang. Sebelum ditebas golok, tangan Poppy Sofia diolesi dengan air yang sudah didoakan. Selepas itu, tangan Poppy Sofia ditebas dan diiris dengan golok. Ajaibnya, tak ada darah mengalir, padahal golok yang sama digunakan untuk menebas bambu terlihat sangat tajam.

"Aslinya golok itu tuh tajem banget, buktinya bambu-bambu kecil aja bisa gampang ditebas." lanjut akun Instagram @popsovia.

Debus dikenal masyarakat Banten saat masa pemerintahan Maulana Hasanuddin pada abad ke-16 (1532-1570) dan pada masa Ageng Tirtayasa (1651-1692) digunakan sebagai alat memompa semangat juang rakyat Banten melawan penjajah. (dd)


(end2021)