Ekonomi & Bisnis

Maskapai Airbus Super Jet Buka Penerbangan Cengkareng-Solo

Ekonomi & Bisnis

05 Januari 2022 19:31 WIB

Maskapai Airbus 320 Super Jet membuka penerbangan rute Cengkareng-Solo-Cengkareng, Rabu (05/01/2022)

BOYOLALI, solotrust.com - Mulai hari ini, Rabu 5 Januari 2022, maskapai Airbus 320 Super Jet membuka penerbangan rute Cengkareng-Solo-Cengkareng.

Penerbangan perdana ini dilakukan dari Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi.



Turut hadir Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan, dan lainnya.

Pembukaan penerbangan perdana Solo-Jakarta maskapai Super Jet Air ditandai pengalungan replika kepala Rajamala oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Kalung itu sekaligus sebagai tanda tolak bala sehingga perjalanan pesawat diharapkan berlangsung aman dan lancar.

Direktur Operasional Super Air Jet, Capt Buntoro mengatakan, Kota Solo menjadi destinasi ketiga di Pulau Jawa setelah Surabaya dan Yogyakarta, dan kesebelas secara nasional sejak terbang perdana 6 Agustus 2021 lalu.

"Solo ini destinasi utama di Jawa Tengah dan kota kesebelas secara nasional. Kami sangat gembira bisa menghadirkan penerbangan ini," katanya kepada wartawan di Bandara Adi Soemarmo, Rabu (05/01/2022).

Diungkapkan, pada awal operasi Agustus lalu, pihaknya hanya menggunakan tiga pesawat. Namun pada Desember, jumlah pesawat telah mencapai sebelas unit. Adapun hingga saat ini secara keseluruhan sudah ada sekira 40 penerbangan per hari dengan jumlah penumpang mencapai 6.000 hingga 7.000 orang per hari.

"Kami mengedepankan ketepatan waktu dalam layanan, juga mengusung konsep kekinian dan milenial, memberdayakan kaum muda dan milenial," lanjut Buntoro.

Rute Solo-Cengkareng dengan nomor penerbangan IU 637 akan berangkat dari Bandara Internasional Adi Soemarmo (SOC) pada pukul 10.40 WIB. Dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 11.55 WIB.

Sementara dari Cengkareng atau Jakarta, pesawat berangkat dari Terminal 2D Soekarno-Hatta pukul 08.45 WIB, tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo (SOC) pukul 10.00 WIB. (jaka)

(and_)