Ekonomi & Bisnis

Kreator Baby Shark Rencanakan Ekspansi Bisnis, Ingin Jadi Perusahaan Hiburan Keluarga Global

Ekonomi & Bisnis

9 Januari 2022 09:25 WIB

SmartStudy, kreator dibalik ikon Baby Shark merencanakan ekspansi bisnis. (Foto:Dok. The Pinkfong Company)

Solotrust.com - SmartStudy, kreator dibalik ikon Baby Shark merencanakan ekspansi bisnis. Sebagaimana dikabarkan media Korea Selatan Aju News Rabu (6/1), perusahaan tersebut meluncurkan cetak biru untuk memperluas cakupan bisnisnya di luar pendidikan anak, dengan merambah hiburan keluarga seperti webtoon, novel web, dan brand olahraga yang menargetkan pasar global.

Dalam situs resminya, diumumkan bahwa perusahaan itu kini telah berubah nama menjadi "The Pinkfong Company".



"Sambil menulis sejarah yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam industri konten, kami telah memperluas bisnis kami di luar pendidikan ke YouTube, film dan animasi, musik, pertunjukan, dan permainan," kata CEO Kim Minseok.

"Dengan nama perusahaan baru, kami akan mengembangkan webtoon, novel web, dan bisnis olahraga baru, dan berkembang menjadi perusahaan hiburan keluarga global melalui IP generasi berikutnya dan basis baru di luar negeri," tambahnya.

Perusahaan akan merilis webtoon dan novel web yang menargetkan remaja dan anak muda dalam tahun ini. Perusahaan ini telah membentuk usaha patungan yang disebut Moon Shark dengan produser konten MstoryHub untuk merilis genre roman high-teen dengan K-pop, musik dance elektronik, dan elemen fantasi.

Brand olahraga keluarga juga akan diluncurkan. Perusahaan Kim telah membentuk usaha patungan dengan Son Yeonjae, seorang pensiunan pesenam ritmik individu, untuk memperkenalkan kurikulum senam untuk seluruh keluarga dan video pelatihan di rumah.

Kim juga akan mengungkap seri konten 3D yang menampilkan karakter manusia dan animasi dinosaurus 2D, sementara kekayaan intelektual unggulan termasuk Baby Shark akan diproduksi sebagai konten sekunder.

Setelah Los Angeles, Shanghai dan Hong Kong, perusahaan Kim akan mendirikan anak perusahaan keempat di luar negeri di Singapura untuk memperluas bisnis globalnya.

Pinkfong adalah brand pendidikan anak-anak dari SmartStudy. Channel pendidikan Pinkfong memiliki program cerita, lagu untuk bernyanyi bersama, dan tarian yang diwakili oleh rubah merah muda bernama Pinkfong. Perusahaan ini memiliki ribuan video, lagu, game, dan aplikasi anak-anak.

Baby Shark sendiri adalah sebuah lagu kartun yang dibuat oleh Pinkfong. Versi aslinya, yang diunggah pada akhir tahun 2015, membuat hit yang fenomenal di seluruh dunia dan memiliki puluhan versi dalam banyak bahasa.

Video Baby Shark pertama kali diunggah di YouTube pada 17 Juni 2016. Video berdurasi 2 menit tersebut memperkenalkan keluarga ikan hiu dengan gerakan tari yang ikonik, nada yang catchy dan lirik yang sederhana seperti "Baby shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo". Video ini menjadi salah satu yang paling banyak ditonton di YouTube.

Baby Shark juga menjadi lagu Korsel pertama yang meraih sertifikasi diamond dari Recording Industry Association of America (RIAA) karena sudah terjual hingga 10 juta unit, tepatnya pada November 2020.

Pada tahun 2019, Baby Shark juga berhasil tembus peringkat ke-32 chart Billboard HOT 100. Album "Pinkfong Presents: The Best of Baby Shark" juga pernah berada di peringkat ke-100 chart Billboard 200. (Lin)

(zend)