Entertainment

Akhirnya, Kihyun MONSTA X Akan Debut Solo Setelah 7 Tahun

Selebritis

23 Februari 2022 20:10 WIB

Kihyun dalam salah satu foto konsep album terbaru MONSTA X "No Limit". (Foto: Dok. Starship Entertainment)

Solotrust.com - Kabar gembira bagi MONBEBE (sebutan penggemar MONSTA X), karena Kihyun akhirnya akan debut solo setelah 7 tahun aktif di grup. Kihyun memulai debutnya di MONSTA X pada tahun 2015.

Pada 15 Maret nanti, Kihyun akan merilis album single bertajuk Voyager. Sama seperti judulnya, album ini akan menjadi perjalanan pertama Kihyun sebagai solois.



Pada 22 Februari, Starship Entertainment mengunggah daftar lagu untuk album ini. Akan ada 3 lagu yang akan disuguhkan yakni Voyager, Comma, dan Rain.

Voyager diciptakan Ryan Jhun, Parrish Warrington, Diederik van Elvas, dan Hudson Thames. Lirik lagu ini ditulis oleh Lee seuran. Sementara Trackside bertugas sebagai arranger bersama Ryan Jhun.

Kihyun terlibat sebagai penulis lirik untuk lagu kedua Comma bersama Brother Su, produser musik di Starship Entertainment. Lagu ini diciptakan oleh Antti Oikarinen, Tommy Park, Etham Basden, dan Hautboi Rich.

Sementara itu Rain diciptakan oleh SQVARE, A. Wright, dan Shark, dengan lirik yang ditulis oleh Vacation, Ammeli, Han Songi, dan Lee Jiwon dari MUMW.

Paska mengunggah video pendek yang menampilkan logo Kihyun, Twitter dibanjiri dengan tagar terkait proyek solo ini seperti Kihyun Yoo, solo singer, solo album, dan solo debut.

Kihyun adalah vokalis utama MONSTA X. Dia selalu memikat penggemar K-pop dengan kestabilan vokalnya saat pertunjukan langsung, meskipun grupnya terkenal akan konsep kuat dengan koreografi intens.

Meski ini adalah album solo pertamanya, namun selama ini Kihyun sudah kerap bernyanyi solo untuk mengisi OST drama. Ia terakhir merilis OST web drama Replay berjudul O.M.O.M Februari tahun lalu.

Sebelumnya, Kihyun mengisi berbagai OST drama seperti One More Step dari drama She Was Pretty, I've Got A Feeling dari drama Suspicious Partner, Again Spring dari drama Meow, the Secret Boy, Love Virus dari drama What's Wrong with Secretary Kim, dan Tiger Moth dari drama Shopaholic Louis.

Kihyun pun pernah berbagi pemikirannya terkait apa kekuatannya sebagai seorang vokalis dalam wawancaranya dengan majalah Beauty+.

Ia menjelaskan ketika ditanya tentang apa yang dia anggap sebagai kelemahan namun akhirnya berubah menjadi salah satu kekuatannya.

"Sejujurnya, saya tidak menganggap suara saya berbeda atau istimewa. Tetapi setelah saya debut, bisa membawakan semua jenis lagu menjadi kekuatan," kata Kihyun.

MONSTA X memiliki banyak lagu yang powerful, vokal Kihyun yang kuat, lantang, dan mampu menembak nada-nada tinggi membuatnya bisa menaklukkan lagu-lagu itu, seperti Beastmode, Chaotic, Destroyer, Follow, dan Queen.

Vokal Kihyun juga sukses menaklukkan lagu-lagu dengan tempo lebih lambat yang memiliki nada-nada sulit dan tinggi, seperti dalam Lost in the Dream dan Myself.

Terkait dengan bidangnya ini, dalam wawancara lain dengan Majalah W Korea, Kihyun pernah ditanya apakah keterampilan menyanyinya adalah senjatanya.

"Sejujurnya, itu menakutkan setiap kali kami merilis album. Saya berpikir tentang betapa sulitnya menyanyi secara live, dan saya bahkan hampir pingsan di atas panggung beberapa kali. Namun, saya tetap melanjutkannya sampai akhir. Bahkan jika saya pingsan di atas panggung, saya ingin melakukannya dengan baik pada pertunjukan live sampai akhir. Saya percaya diri," kata Kihyun.

Selama ini Kihyun telah menunjukkan gairahnya dalam berolah vokal. Dia pernah mengcover lagu Believer dari Imagine Dragon, yang sampai saat ini telah ditonton hingga 8,2 juta kali di YouTube.

Dia juga pernah mengcover lagu Hug Me dari Jung Joonil, yang telah ditonton sebanyak 932 ribu kali. Videonya mengcover lagu Beautiful OST drama Goblin di KCON Meksiko juga sudah ditonton sebanyak 2,5 juta kali. (Lin)

(zend)