Serba serbi

Instagram Izinkan Kreator Pakai Moderator Selama Live

Teknologi

14 Maret 2022 12:14 WIB

Instagram mengizinkan kreator memakai moderator selama Live. (Foto: Dok. Instagram)

Solotrust.com - Media sosial kini tengah berlomba-lomba untuk membuat pengguna nyaman menggunakan aplikasinya, sehingga akan betah berlama-lama di sana. Fitur terus ditambah dan disempurnakan, termasuk apa yang dilakukan Instagram baru-baru ini.

Instagram akhirnya mengizinkan kreator Live (streamers) untuk menunjuk moderator (Mod) selama waktu streaming mereka. Mod akan memiliki kemampuan untuk melaporkan komentar, menghapus pemirsa dari streaming, serta menonaktifkan komentar untuk pemirsa tertentu.



"Streamers + Mod = Dynamic Duo. Kami meluncurkan Live Moderator di Instagram Live, tempat kreator dapat menetapkan mod dan memberi mereka kekuatan untuk melaporkan komentar, menghapus pemirsa dari Live dan mematikan komentar untuk pemirsa," demikian pengumuman Instagram dalam akun resminya @instagram.

Instagram mencatat bahwa pembuat konten dapat menetapkan moderator dengan mengetuk tiga titik di bilah komentar selama Live. Dari sana, mereka dapat memilih moderator dari daftar akun yang disarankan, atau menggunakan bilah pencarian untuk mencari akun tertentu.

Fitur Live Instagram sendiri telah ada sejak tahun 2016.

Moderator selama ini telah menjadi fitur pokok di platform streaming lainnya seperti YouTube, dimana komentar jahat dapat dihapus.

Facebook, saudara Instagram pun telah memberi pengguna kemampuan untuk menambahkan moderator ke streaming mereka dan juga menambahkan alat untuk menghapus komentar jahat, seperti fitur yang baru saja diluncurkan Instagram ini.

Ini adalah upaya Instagram untuk menarik lebih banyak kreator ke Live-nya. Ketersediaan moderator diharapkan dapat membuat pengalaman streaming jauh lebih menyenangkan bagi kreator.

Belum lama ini, Instagram juga meluncurkan fitur Tag yang telah disempurnakan untuk mendorong pengkreditan kreator dengan lebih baik. Fitur ini memungkinkan orang dapat berbagi dan melihat kontribusi spesifik kreator pada postingan foto atau video. Sederhananya, jika kreator adalah seorang penata rias, penulis lagu, atau kolaborator penting lainnya di sebuah postingan, kontribusinya akan lebih terlihat di postingan tersebut. (Lin)

(zend)