Ekonomi & Bisnis

PaK Rahman, Duit Rp50 Ribu Dapat Berbagai Bahan Pokok

Ekonomi & Bisnis

8 Agustus 2022 12:30 WIB

Launching Pasar Pangan Rakyat Murah dan Aman (Pak Rahman) Jumat (7/8). (Foto: Dok. Solotrust.com/fj)

SEMARANG, solotrust.com – Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang berinovasi menggelar launching Pasar Pangan Rakyat Murah dan Aman (Pak Rahman). Konsep Pak Rahman diupayakan menjawab kebutuhan masyarakat ketika adanya lonjakan harga bahan pokok di waktu tertentu.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang, Bambang Pramusinto menjelaskan Pak Rahman merupakan suatu kegiatan yang nantinya menjadi komunitas penjualan bahan-bahan pokok yang harganya jauh di bawah dari pasaran.



Untuk awalnya, Pak Rahman akan di gelar tiap minggu kedua yang bertempat di halaman Kantor Dinas Pangan Kota Semarang di Jalan Ki Mangunsarkoro No.21, Kelurahan Karangkidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Selanjutnya kedepan dengan melihat kondisi kebutuhan di masyarakat, imbuhnya, Pak Rahman akan hadir mengikuti kegiatan pemerintah kota seperti kegiatan pelayanan di akhir pekan.

“Pak Rahman untuk menjawab kebutuhan masyarakat terutama kebutuhan bahan pokok, harapannya ketika ada gejolak kenaikan harga bahan pangan, Pak Rahman bisa hadir di tengah masyarat terdampak,” ujarnya kepada Solotrust.com, Minggu (7/8).

Dia menambahkan di pasar murah Pak Rahman ini, warga bisa mendapatkan berbagai macam bahan kebutuhan pokok hanya dengan mengeluarkan uang Rp50 ribu. Hal ini menurutnya bisa dimungkinkan karena seluruh stand penjualan bahan pokok menyediakan kemasan dalam bentuk dan ukuran yang lebih kecil.

“Biasanya kan kalau kemasan standar kayak beras itu kan 5 kilo ya, kalau satu kilogramnya Rp9 ribu ya uang Rp50 ribu sudah habis. Tetapi kalau dipecah-pecah menjadi dua setegah kilo, daging menjadi seperempat, dan bahan pokok lain juga kita pecah-pecah harapan kami bahwa masyarakat dengan membawa uang Rp50 ribu sudah dapat macam-macam,” tambahnya.

Lebih lanjut, dengan kemasan-kemasan standar di pasaran, maka di Pak Rahman bisa dipecah lagi tentu dengan harga yang beda dan jauh lebih murah dari harga pasaran. Jadi ketika kondisi tertentu Pak Rahman harus ke lokasi masyarakat yang tidak mampu, maka dengan uang Rp50 ribu masih mendapat bermacam bahan makanan.

Salah satu pembeli di Pak Rahman, Ina Keke (40) mengatakan membeli berbagai kebutuhan pangan seperti beras, sosis dan nuget. Menurutnya, harga di Pak Rahman lebih murah dari harga pasaran. Harapannya dengan dengan Pak Rahman, lebih banyak lagi menjual berbagai kebutuhan bahan pangan yang lebih murah.

“Tadi beras harganya Rp22 ribu, beli sosis harganya Rp23 ribu dan nugget harganya Rp21 ribu, semuanya tadi habis Rp70 ribuan, harapanya menjual lebih murah lagi,” ujarnya.

Dari berbagai bahan pokok yang dijual di Pak Rahman merupakan hasil dari kerja sama dengan berbagai perusahaan yang disalurkan melalui Corporate Social Responsibility (CSR), seperti PT. Pegadaian, Bank Jateng, BPR Kota Semarang, Bank Rakyat Semarang, PT Suka Sari, dan PT Gudang Garam Cabang Semarang. (fj)

(zend)