Pend & Budaya

Sendok Edible Berbahan Sayuran dan Umbi-umbian, Solusi Kurangi Sampah Plastik

Pend & Budaya

10 September 2022 14:00 WIB

Sekelompok mahasiswa UNNES menciptakan sendok yang bisa dimakan, dengan berbahan sayuran dan umbi-umbian. (Foto: Dok. UNNES)

Solotrust.com - Kreatifitas ditunjukkan sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES), yang mampu membuat sendok yang bisa dimakan (edible) yang terbuat dari bahan baku sayuran dan umbi-umbian.

Sendok Edible ini diklam dapat mengurangi sampah alat makan plastik sekali pakai.



Mereka tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-K) tahun 2022 yang diketuai oleh Ade Risna Puja Muslimah (mahasiswa jurusan Psikologi), dengan anggota Tiara Azka Nadhifa, Muhammad Fa’iq, Novanda Krishadi Yudistira dan Afifa Ghina Athaya dari mahasiswa jurusan Ilmu Gizi, yang dibimbing oleh Laila Listiana Ulya.

Menurut Ade Risna Puja, inovasi yang dibuatnya berawal dari keresahan sampah plastik yang semakin menumpuk di Indonesia.

“Produk yang diberi nama sendok.id ini, diolah dengan bahan dasar tepung terigu dan ekstrak sayur dan umbi-umbian yang sudah dipastikan aman untuk dimakan dan juga ramah lingkungan," kata Ade Risna Puja, sebagaimana dikabarkan UNNES di laman resminya, Kamis (8/9).

Sendok.id sudah mulai dijual secara bebas melalui sistem pre-order (PO) dan tersedia dalam dua varian rasa, yakni bayam dan ubi ungu.

"Pembelian dapat dilakukan melalui akun Instagram @sendoki.id, Shopee, dan Tokopedia. Sistem cash on delivery (COD) juga berlaku untuk wilayah Semarang, pemesanan langsung hubungi nomor WhatsApp yang tertera di bio Instagram," kata dia. (Lin)

(zend)