Pend & Budaya

SMPN 1 Sarang Rembang Kembangkan Potensi Seni Kaligrafi

Pend & Budaya

20 September 2022 16:05 WIB

Siswi SMP Negeri 1 Sarang, Cindy Cahayaningrum saat memamerkan hasil karyanya. (Foto: Dok. solotrust.com/minan)

REMBANG, solotrust.com - Seni kaligrafi merupakan suatu ilmu memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya, dan cara merangkainya menjadi tulisan tersusun indah. Di Indonesia, seni kaligrafi umumnya berupa kaligrafi Arab.

Huruf Arab ditulis dengan gaya sedemikian rupa, sehingga tulisan tersebut memiliki keindahan bernilai seni dan enak dipandang. Seni itulah yang menjadi salah satu unggulan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah karena banyaknya potensi siswa berminat di bidang tersebut.



Kepala SMP Negeri I Sarang, Sudrajad, mengatakan lokasi sekolah berdekatan dengan sejumlah pondok pesantren membuat potensi seni kaligrafi sangat bisa diunggulkan. Selain menimba ilmu di SMP Negeri 1 Sarang, mayoritas siswa juga sebagai santri yang menimba ilmu di pondok pesantren.

“Siswa dari pondok pesantren sekitar, rata-rata berbakat di bidang seni kaligrafi, makanya kami arahkan dan semacam menjadi branding bagi sekolah kami. Potensi-potensi mereka kami tindaklanjuti biar terus bermunculan. Rutinnya esktra sepekan sekali, tapi kalau ada kejuaraan, siswa terpilih didampingi secara khusus," bebernya.

Sudrajad menambahkan, perwakilan pelajar dari sekolahnya sudah berulang kali menjuarai lomba kaligrafi tingkat kabupaten maupun provinsi. Potensi itu kemudian diimbangi dengan pembinaan intensif melalui ekstra kurikuler.

Seorang siswi kelas 9 SMP Negeri 1 Sarang, Cindy Cahayaningrum termasuk salah satu pelajar yang belakangan ini menjadi andalan sekolahnya dalam mengikuti lomba seni kaligrafi.

Pelajar dari Desa Babaktulung itu mengungkapkan peran guru sangat membantu dalam mengembangkan potensi seni kaligrafi yang ia tekuni sejak bangku kelas V SD.

“Mulai dari buat sketsa, lalu ngecat tulisan, kemudian buat hiasan di pinggir, itu tantangannya. Saya sendiri sudah beberapa kali ikut kejuaraan di tingkat kecamatan, kabupaten sampai provinsi," pungkasnya. (mn)

(and_)