Entertainment

Fans NewJeans Didominasi Wanita, Terbanyak Di Antara Girlgroup K-Pop Generasi Keempat

Entertainment

15 Oktober 2022 18:35 WIB

NewJeans saat mengenakan Hanbok, pakaian tradisional Korea. (Foto: dok. ADOR)

Solotrust.com - NewJeans ternyata memiliki jumlah basis penggemar wanita yang besar, bahkan lebih besar dari penggemar laki-lakinya, meski mereka adalah girlgroup.

Menurut statistik yang diterbitkan oleh Kyobo Research Center, seperti dilansir situs Koreaboo, Sabtu (15/10), dari semua girlgroup K-Pop generasi keempat, NewJeans memiliki persentase penggemar wanita tertinggi, dengan sekitar 78 dari 100 pembeli album mereka adalah wanita.



Studi ini didasarkan pada angka yang dicatat oleh Alladin, platform e-commerce populer yang digunakan oleh konsumen K-Pop untuk membeli album.

Girlgroup lain yang termasuk dalam penelitian ini adalah StayC, (G)-IDLE, aespa, Kep1er, NMIXX, ITZY, LE SSERAFIM, dan IVE.

Menurut data pembeli, NewJeans memiliki konsentrasi penggemar wanita tertinggi, diikuti oleh StayC sebesar 76 persen dan Kep1er sebesar 71 persen.

Di sisi lain, girlgroup seperti IVE dan ITZY memiliki distribusi rasio laki-laki dan wanita yang hampir sama, yaitu 47:53 dan 46:54.

LE SSERAFIM adalah satu-satunya girlgroup yang memiliki konsentrasi pembeli laki-laki yang sedikit lebih tinggi, dengan 52 dari 100 pembeli adalah laki-laki.

Bukan hanya girlgroup generasi keempat, secara umum girlgroup juga kini memiliki lebih banyak penggemar wanita daripada boygroup.

Menurut laporan dari media Korea Selatan Chosun Ilbo pada Kamis (6/10), sejumlah girlgroup baru-baru ini mendominasi chart top 10 mingguan di Genie Music.

aespa, BLACKPINK, TWICE dan ITZY masing-masing dikatakan menjual lebih dari satu juta album mereka kepada sebagian besar fans wanita.

Analisis penjualan teratas di Genie Music dari Juni hingga Agustus menunjukkan bahwa wanita menyumbang lebih dari 50 persen penjualan, dan tren yang sama terjadi secara offline.

Sebagai contoh, wanita menyumbang 72,1 persen orang yang membeli lagu baru IVE After Like di toko buku Aladin di Korea Selatan.

Sampai pertengahan 2010-an, girlgroup wanita memiliki imej seksi dan sering provokatif untuk menarik fantasi pria, tetapi girlgroup sekarang memproyeksikan imej yang lebih percaya diri.

Kritikus budaya Jung Duk Hyun mengatakan, "Penggemar saat ini cenderung memandang grup idol bukan romantis tetapi sebagai role model untuk selera khusus mereka."

Terkait NewJeans, girlgroup besutan Min Heejin ini memang mencatatkan banyak pencapaian dalam debutnya. NewJeans memecahkan rekor penjualan minggu pertama terbanyak dari album debut mana pun oleh girlgroup K-pop, yakni lebih dari 440.000 kopi. Rekor sebelumnya adalah 307.450 kopi, yang dibuat oleh Le Sserafim, dengan EP pertamanya "Fearless".

Girlgroup beranggotakan Minji, Hyein, Haerin, Hanni, dan Danielle ini Agustus lalu merilis EP (album mini) pertamanya bertajuk New Jeans, yang terdiri dari 4 lagu yakni Attention, Cookie, Hype Boy, dan Hurt. Semua lagu itu memiliki MV.

EP ini menduduki puncak chart iTunes di sembilan negara atau wilayah paska dirilis, termasuk Indonesia, Finlandia, Rusia, dan Thailand.

EP ini mencapai 2,06 juta streaming, 226.000 pendengar kumulatif, dan 88.000 pengikut di Spotify pada hari perilisannya. Sebuah capaian yang luar biasa untuk girlgroup K-Pop yang baru debut.

Merchandise mereka pun menjadi lebih menarik bagi penggemar wanita. Mereka baru-baru ini mengadakan acara di Seoul yang menampilkan koleksi merchandise seperti kaos, tas, stiker dan barang lainnya, yang menarik banyak penggemar wanita dan menarik sekitar 17.000 pengunjung. (Lin)

(zend)