Hard News

Petaka! Merokok saat BAB, Septic Tank Meledak

Sosial dan Politik

10 Juli 2023 16:05 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay/realworkhard)

Solotrust.com - Kejadian tak terduga menimpa pria berinisal SY, penghuni kos di Jalan Anggrek Sengkang, Kecamatan Tempe, Wajo, Sulawesi Selatan. Septic tank di tempatnya bermukim meledak usai ia membakar rokok saat hendak buang air besar (BAB) dalam toilet kamar kosnya, Jumat (07/07/2023) sore.

Insiden berawal saat pemuda 26 tahun itu hendak BAB di toilet kamar kosnya sambil membawa rokok dan korek.



"Mau jamban (buang air besar) nabakar ki rokoknya (hingga terjadi ledakan)," kata Kapolres Wajo, AKBP Fatchur Rochman, dikutip dari sebuah sumber.

Diungkapkan, kejadian itu diduga berasal dari gas dalam toilet. Korban tidak menyadari adanya unsur gas dari septic tank. Akibatnya, ledakan langsung terjadi saat korban menyalakan korek api.

Sementara SY yang hendak BAB terpental tubuhnya. Kondisi kamar kos pun bersimbah tinja pascaledakan septik tank .

SY yang tak berdaya langsung dievakuasi pemilik kos bersama penghuni lainnya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamaddukelleng, Sengkang, Wajo. Ia menderita lukar baka sekira 40 persen.

Saat ini, korban tengah mendapatkan perawatan medis di RS Hikmah Sengkang, Kabupaten Wajo. Pihak kepolisian sendiri masih menunggu hasil penyelidikan Laboratorium Forensik Polda Sulsel guna mengetahui penyebab pastinya.

"Kami masih menunggu hasil yang lebih pasti dari Puslabfor Polda Sulsel terkait peristiwa tersebut," jelas AKBP Fatchur Rochman.

Sebagian orang yang telah terbiasa merokok sambil BAB mengatakan, ini merupakan aktivitas biasa saja untuk menghilangkan bosan ketika tengah di kamar mandi. Namun perlu diingat kegiatan ini berbahaya.

Hal yang harus dihindari saat berada di kamar mandi untuk mengantisipasi terjadinya ledakan dan alasan kesehatan, selain merokok, yakni jangan membawa handphone di kamar mandi. (Anggi)

* Berbagai sumber

(and_)