Ekonomi & Bisnis

Indonesia-Apple Buka Peluang Pengembangan Manufaktur dan Investasi Teknologi

Ekonomi & Bisnis

18 April 2024 13:57 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima CEO Apple Tim Cook beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/04/2024). (Foto: BPMI Setpres/Kris)

JAKARTA, solotrust.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi Apple di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/04/2024). Pertemuan berfokus pada eksplorasi rencana strategis Apple, termasuk peluang ekspansi perusahaan teknologi tersebut di Indonesia dan integrasi lebih dalam rantai pasok global.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengatakan pertemuan membahas peluang kerja sama Apple dengan pemerintah Indonesia.



“Tadi, bapak presiden dan kami menerima CEO Apple Tim Cook untuk membicarakan berbagai rencana strategis Apple di Indonesia dan juga bagaimana Indonesia bisa menjadi bagian dari global supply chain,” ungkapnya dalam keterangan pers usai pertemuan, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Sementara itu, Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan Apple berencana menambah Apple Developer Academy keempat sebagai investasi di Indonesia. Saat ini telah ada tiga Apple Developer Academy tersebar di Surabaya, Batam, dan Tangerang.

“Mereka sudah umumkan kemarin bahwa akan menambah satu lagi fasilitas di Bali. Ini sebetulnya keempat fasilitas Apple Developer Academy berdasarkan kesepakatan antara Indonesia dengan Apple,” ucapnya.

Dalam pertemuan, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Presiden Jokowi juga mendorong Apple untuk menghadirkan pabrik manufaktur di dalam negeri. Ia menyebut sejumlah komponen perangkat Apple sudah siap di Indonesia.

“Nanti setelah dari sini dari Kemenperin akan melakukan proses business matching. Kami sudah punya list-nya terhadap komponen-komponen apa saja, komponen HP cellphone yang sudah diproduksi di Indonesia yang mungkin bisa kita kawinkan, namanya business matching,” terang Agus Gumiwang Kartasasmita.

Selanjutnya, pihaknya bilang kepala negara mengajak Apple membentuk pusat inovasi bekerja sama dengan universitas terbaik di Indonesia untuk pengembangan sumber daya manusia.

“Ini juga satu hal yang Tim Cook itu juga sangat eager untuk melakukan follow up. Banyak tadi juga dibicarakan bagaimana kita men-develop human resources atau human development yang ada di Indonesia melalui Apple,” terang Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pada kesempatan sama, CEO Apple Tim Cook, mengatakan dirinya merasa gembira terhadap kinerja ketiga Apple Developer Academy di Indonesia.

“Kami membuka Apple Developer Academy keempat. Kami baru mengumumkannya kemarin, ini akan ada di Bali. Kami sangat gembira dengan kinerja ketiganya yang telah meluluskan ribuan orang dan mampu membuat aplikasi untuk Apps Store yang menarik, tidak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri. Oleh karena itu, kami sangat gembira,” kata Tim Cook.

Lebih lanjut, Tim Cook menyebut, pihaknya akan mempertimbangkan permintaan Presiden Jokowi untuk pembangunan pabrik manufaktur Apple di Indonesia. Ia juga menilai Indonesia adalah pasar penting bagi Apple dan memiliki banyak potensi investasi bagus.

“Saya rasa kemampuan investasi di Indonesia tidak ada habisnya. Saya pikir ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi dan kami sedang berinvestasi. Kami percaya pada negara ini,” ungkapnya.

(and_)