Hard News

Lebaran, Angkasa Pura II Siapkan 366 Penerbangan Tambahan

Hard News

21 Mei 2018 06:14 WIB

Pesawat terbang (pixabay.com)

JAKARTA, solotrust.com - PT Angkasa Pura II (Persero) telah menyiapkan 366 extra flight alias penerbangan tambahan guna menghadapi lonjakan penumpang saat Lebaran nanti. Perseroan memrediksi jumlah penumpang pesawat pada masa angkutan Lebaran 2018 periode H-10 hingga H+7 di seluruh bandara akan mencapai 6,72 juta penumpang. Jumlah ini meningkat sekira sepuluh persen dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya, yakni 6,13 juta penumpang.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin dalam siaran persnya mengemukakan, pihaknya akan mengoptimalisasikan penggunaan slot penerbangan di bandara agar sejumlah extra flight ke berbagai destinasi mudik dapat tersedia dengan baik.



“Kami pun berharap kepadatan penumpang di bandara pada masa angkutan Lebaran tahun ini dapat lebih cair, khususnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) yang merupakan bandara tersibuk pada saat periode angkutan Lebaran nanti,” tambahnya, Minggu (20/05/2018).

Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Soetta diharapkan memiliki ruang lebih guna mengakomodasi pergerakan penumpang dan penerbangan domestik. Hal itu karena sejumlah maskapai internasional telah dipindahkan ke Terminal 3 di mana Garuda Indonesia pun mengoperasikan secara sekaligus penerbangan-penerbangan domestik dan luar negerinya di sana.

Puncak arus mudik Lebaran 2018 diprediksi pada H-3 dengan jumlah mencapai 391 ribu penumpang. Jumlah ini naik sekira 12 persen dibanding tahun lalu. Sebaliknya, puncak arus balik diprediksi pada H+6 Lebaran dengan jumlah 402 ribu penumpang atau naik 14 persen dibanding tahun lalu.

Sementara itu, pertumbuhan jumlah pergerakan pesawat selama periode angkutan Lebaran 2018 diperkirakan juga akan meningkat menjadi 47.587 pergerakan, yakni tumbuh sembilan persen dibandingkan realisasi 2017 lalu yang hanya 43.881 pergerakan.

Penerbangan tambahan selama periode Lebaran 2018 untuk 14 bandara dikelola PT Angkasa Pura II, direncanakan akan tersedia sebanyak 366 flight, terbagi 288 untuk penerbangan domestik dan 78 penerbangan internasional. Saat ini perseroan tengah berkoordinasi dengan berbagai maskapai agar jumlah extra flight itu dapat ditingkatkan ketersediaannya guna melayani lebih banyak pengguna jasa.

(and)