Hard News

Lapan Bakal Bangun Observatorium Nasional di NTT

Hard News

11 Juli 2018 08:02 WIB

Pencanangan Observatorium di Amfoang, Kupang, NTT, Senin (9/7). (foto: Kemenristekdikti)

SOLO, solotrust.com – Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) akan membangun observatorium nasional di daerah Amfoang yang terletak di lereng Gunung Timao, Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan, daerah Amfoang merupakan daerah dengan kondisi langit yang bebas dari polusi cahaya. Posisi Amfoang yang berada di belahan bumi bagian selatan menjadi keunggulan karena jumlah observatorium yang mengamati langit selatan sangat sedikit, yaitu hanya terdapat di Afrika Selatan, Amerika Selatan, dan Australia.



Amfoang menjadi lokasi yang terbaik untuk mendirikan observatorium karena memiliki persentase kecerahan langit cukup tinggi dibandingkan daerah lain di Indonesia, dimana dalam setahun terdapat sekitar 250 langit malam cerah yang memungkinkan pengamatan astronomi di jendela optik.

“Cahaya lampu di perkotaan mengganggu kegelapan langit sehingga masyarakat kota telah kehilangan keindahan langit di malam hari. Namun masyarakat di Amfoang terbiasa melihat ratusan milyaran bintang pembentuk galaksi Bimasakti,” ujar Thomas, dilansir laman setkab.go.id, Selasa (10/7/2018).

Sementara itu, Staf Ahli Menristekdikti Bidang Relevansi dan Produktivitas Agus Pudji Prasetyono mengatakan, kehadiran observatorium akan memicu sektor pariwisata sehingga diperlukan infrastruktur yang menunjang aktivitas di Amfoang.

(way)