Serba serbi

Jay-Z Jadi Artis Hip-Hop Paling Tajir Sedunia

Musik & Film

13 September 2018 11:55 WIB

Jay-Z menjadi artis hip-hop dengan pendapatan tertinggi di dunia (ET Canada-Getty)

SOLO, solotrust.com – Kekayaan penyanyi kondang Jay-Z memang tak terbantahkan. Tak heran jika Forbes menobatkannya sebagai artis hip-hop dengan pendapatan tertinggi di dunia.

Seperti biasa, Forbes kembali merilis daftar tahunan penyanyi rap terbaik Hip-Hop Cash Kings 2018. Jay-Z menempati ranking teratas daftar musisi hip-hop terkaya. Ia mampu meraup US$76,5 juta atau setara Rp1,1 triliun lewat penjualan tiket dari albumnya 2017 4:44 dan tur berikutnya, ditambah album bersama istrinya Beyonce ‘Everything is Love’ dan tur On The Run II.



Jangan dilupakan juga, sumber kekayaan rapper ’99 Problems’ juga berasal dari perusahaan hiburan miliknya. Seperti diketahui Jay-Z punya label rekaman Roc Nation. Lewat perusahaan itu, dia merilis layanan musik streaming bernama Tidal. Sang musisi juga memiliki klub 40/40 dan masih banyak lagi.

Sementara di posisi kedua, Forbes menempatkan Sean ‘Diddy Combs’ sebagai penyanyi hip-hop paling tajir setelah Jay-Z. Kekayaan Sean Combs tercatat mencapai US$64 juta atau setara Rp947 miliar.

Menguntit di belakangnya ada Kendrick Lamar dengan kekayaan US$58 juta atau setara Rp858 miliar. Kesuksesan pertunjukan solo dan Top Dawg Entertainment’s Championship Tour telah mengisi pundi-pundi kekayaannya. Begitu pula kesepakatan bisnis dengan Nike dan American Express membuat kantong rapper ‘Humble’ makin tebal.

Sedangkan rival Jay-Z, Nas berada di peringkat tujuh daftar penyanyi hip-hop terkaya. Selain bernyanyi, kekayaan rapper 44 tahun juga bersumber dari kemitraan dengan pemodal ventura, Ben Horowitz yang mengarah ke saham menguntungkan di Lyft, Coinbase, Genius, Mass Appeal dan penjualan start up Ring ke Amazon senilai US$1,1 miliar.

"(Seniman hip-hop) selalu memajukan teknologi. Tidak ada waktu ketika (para rapper) tidak berpikir untuk berinvestasi,” kata Nas, dilansir dari ET Canada, Kamis (13/09/2018).

 

Berikut daftar sepuluh penyanyi hip-hop terkaya di dunia versi Forbes:

10. Kanye West ($27,5 juta)

9. Future ($30 juta)

8. Pitbull ($32 juta)

7. Nas ($35 juta)

6. Dr. Dre ($35 juta)

5. J. Cole ($35.5 juta)

4. Drake ($47 juta)

3. Kendrick Lamar ($58 juta)

2. Sean Combs ($64 juta)

1. Jay-Z ($76.5 juta)

(and)