Serba serbi

G-Dragon Jadi Artis K-POP yang Paling Banyak Ciptakan Lagu

Musik & Film

5 Oktober 2018 07:07 WIB

G-Dragon (Dok Instagram G-Dragon @xxxibgdrgn)

SOLO, solotrust.com – Artis K-POP memang dikenal tak hanya bisa menyanyi dan menari, melainkan pada level menciptakan lagu mereka sendiri. Di antara para idol K-POP yang memiliki kemampuan mencipta lagu tersebut, G-Dragon berhasil menempati peringkat pertama sebagai artis K-POP yang paling banyak mencipta lagu.

Menurut ranking yang dirilis Korea Music Copyright Association (KOMCA) pada 30 September lalu sebagaimana dikabarkan The Korea Herald, Kamis (4/10/2018), leader BIG BANG tersebut telah memiliki 172 lagu yang terdaftar di KOMCA sejauh ini, baik dalam perannya sebagai komposer, produser, maupun penulis lirik.



G-Dragon memang dikenal dalam kontribusinya untuk lagu-lagu BIG BANG seperti “Lies”, “Bang Bang Bang” dan “Flower Road”. Ia juga diketahui menciptakan lagu-lagu untuk album solonya seperti “Heartbreaker”, “Coup d’Etat” dan “One of a Kind”.

Selain itu, G-Dragon juga terlibat dalam pembuatan lagu untuk sejumlah artis lain seperti “Palette” milik IU. Dalam lagu tersebut, ia berperan sebagai penulis lirik. Ia juga menciptakan lagu yang ada dalam album debut iKON yakni “I Miss You So Bad”.

Setelah G-Dragon, nama-nama lain yang masuk dalam daftar adalah Yong Jun Hyung dari Highlight dengan 150 lagu, Zico dari BLOCK B dengan 122 lagu dan Ravi dari VIXX sebanyak 121 lagu.

Sementara itu, RM dari BTS, Ilhoon dari BTOB, Jung Yong Hwa dari CN Blue, Junho dari 2PM, dan Jonghyun dari SHINee juga menempati ranking 10 besar. (Lin)

(way)