Hard News

Ditnarkoba Polda Jateng Razia Rutan Boyolali, Hasilnya..

Jateng & DIY

12 Oktober 2018 01:11 WIB

BOYOLALI, solotrust.com – Ditnarkoba Polda Jawa Tengah dan Polres Boyolali mengelar razia narkoba di Rutan Boyolali, Kamis (11/10/2018) pagi. Petugas memeriksa barang di dalam rutan dan melakukan tes urine terhadap napi narkoba.

Sidak ini dilakukan menyusul masih tingginya angka peredaran narkoba di rutan dan lapas di Jawa Tengah. “Ini bentuk maksud supaya tidak terjadi pengguna atau peredaran di wilayah rutan atau lapas,” kata Kasubdit I Narkoba Polda Jateng AKBP Edy Santoso.



Pemeriksaan dilakukan dengan mengeluarkan satu persatu napi dari kamar tahanan. Petugas memeriksa kondisi napi dan menggeledah sel tahanan blok narkoba.

Edy Santoso yang memimpin langsung sidak tersebut menjelaskan, dari 32 tahanan kasus narkoba yang diperiksa, tak ditemukan adanya narkoba yang disimpan.

Namun dari pemeriksaan urine sebanyak 13 tahanan yang dipilih sebagai sample, ditemukan satu orang teridentifikasi mengandung benso dari urinenya. Benso merupakan zat yang terkandung dari obat-obatan yang dikonsumsi napi yang diberikan oleh pihak rutan.

Menurutnya, operasi dan pemeriksaan di lapas dan rutan di wilayah hukum Jateng akan terus dilakukan. Sebab dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh polres ataupun polda, selalu ada indikasi adanya penyalahgunaan serta pengendalian narkoba dari dalam.

(way)