Serba serbi

World Cosplay Summit 2019 Digelar di Tokyo Pada 27-28 Juli

Musik & Film

16 November 2018 05:05 WIB

Logo World Cosplay Summit (Dok. WCS)

Solotrust.com – Dikabarkan Anime News Network dari The Mainichi Shimbun dalam lamannya mantan-web.jp (13/11/2018), World Cosplay Summit (WCS) atau Sekai Kosupure Samitto akan menggelar event utamanya di Tokyo Dome City, Tokyo, Jepang pada 27 sampai 28 Juli tahun depan.

Biasanya, event untuk para pecinta cosplay dari seluruh dunia tersebut dihelat di bulan Agustus. Tahun ini sendiri, WCS berlangsung pada 3 hingga 5 Agustus.



WCS sendiri adalah event tahunan yang pertama kali digelar tahun 2003 untuk menyoroti popularitas internasional dari anime dan manga Jepang melalui cosplay. Event ini semakin besar dari tahun ke tahun dan telah diikuti partisipan dari lebih dari 20 negara dengan 50 wakil. 

Sejak tahun 2008, tiga kementerian Jepang yakni Kementerian Luar Negeri, Kementerian Daratan, Infrastruktur dan Transportasi dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri telah memberikan dukungan untuk event internasional ini.

Tahun ini, Indonesia yang diwakili oleh Yumaki Machibun diketahui berhasil mendapatkan runner-up pertama dalam kompetisi di WCS. Sebelumnya pada 2016, cosplayer Indonesia yakni Rian CYD – Frea Mai bahkan berhasil merebut Grand Champion atau juara pertama dalam kejuaraan tersebut. (Lin)

(wd)