Pend & Budaya

Ajarkan Budaya Hidup Bersih Sejak Dini Pada Anak-anak Paud

Pend & Budaya

29 Maret 2019 21:26 WIB

Anak-anak Paud kunjungi kantor Dinas Lingkungan Hidup kota Salatiga.

SALATIGA, solotrust.com – Kegiatan  SBB Paud Pelangi Nusantara 10 yang berada di Kalicacing, Salatiga  tidak hanya di dalam ruangan belajar saja, akan tetapi juga memberikan kegiatan secara langsung di lapangan agar anak-anak semakin tahu dan dekat dengan apa yang tengah dihadapinya.

Salah satu kegiatan di Jumat (29/3/2019) pagi ini adalah mengenal lebih dekat dengan kantor Dinas Lingkungan Hidup di kota Salatiga. Dengan mendatangi langsung dinas tersebut anak-anak semakin tahu ternyata ada juga dinas yang membidangi tentang lingkungan hidup.



Dengan disambut oleh Kasi Pengelolaan Kebersihan Bidang Kebersihan  Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga Yuli Prasetyo Utomo, anak anak Paud Pelangi Nusantara 10 diberikan penjelasan tentang pentingnya budaya hidup bersih. Salah satu contohnya dengan membuang sampah di tempatnya. Kegiatan yang sepele akan tetapi kalau tidak diajarkan sejak dini akan berakibat tidak baik kedepannya.

Membuang sampah tidak boleh sembarangan, akan tetapi harus dibuang pada tempatnya akan lebih baik lagi kalau sesuai dengan kriteria sampahnya. Ada sampah organik dan anorganik.

“Menjaga kebersihan tidak hanya pada diri saja, akan tetapi kebersihan lingkungan juga perlu diperhatikan, yang paling sederhana adalah membuang sampah pada tempatnya,” Kata Yuli.

Dwi Lina Sulisyaningsih selaku kepala SBB Paud Pelangi Nusantara 10  mengajak para orang tua agar  mengajarkan kepada anak-anak  di rumah untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya.

“Hal yang paling mendasar adalah pendidikan dalam keluarga, untuk itu kami mengajak anak-anak ke Dinas Lingkungan Hidup ini agar mereka mengerti pentingnya kebersihan dan agar wali murid semakin menekankan membuang sampah di tempatnya saat anak-anak dirumah,” Katanya.

Harapan lainnya dengan terjaganya kebersihan lingkungan sejak dini akan membuat hidup lebih sehat dan lebih indah. Selain itu juga Salatiga yang selama ini dikenal sebagai kota Adipura akan tetap terus terjaga.  

(wd)