Pend & Budaya

Lagu Indonesia Raya Berkumandang Dalam Kereta Api

Pend & Budaya

18 Agustus 2019 23:55 WIB

Upacara Bendera di Kereta Api.

JAKARTA, solotrust.com - Ada nuansa berbeda dalam perjalanan kereta api di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada Sabtu (17/8/2019) kali ini, dimana lagu Indonesia Raya berkumandang di gerbong-gerbong kereta. Rupanya, PT. Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) mengajak penumpang untuk ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam perjalanan Kereta Api Jarak Jauh.

VP Public Relations KAI, Edy Kuswoyo menjelaskan, menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama para penumpang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 RI dalam perjalanan Kereta Api.



"Melalui kegiatan ini, KAI mengajak para penumpang yang berada dalam perjalanan untuk melakukan upacara sederhana berupa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mendengarkan pembacaan teks proklamasi," paparnya melalui siaran pers yang diterima solotrust.com, Sabtu (17/8/2019).

Memasuki jam 09.00 WIB, Kondektur menyampaikan kepada penumpang melalui pengeras suara untuk berdiri dan bersiap untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dengan dipimpin Kondektur serta petugas KAI lainnya, penumpang mulai menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tampak para penumpang menyanyikan lagu dengan semangat dan penuh rasa bangga.

Seusai menyanyikan lagu Indonesia Raya, KAI langsung memutar rekaman dari pembacaan teks Proklamasi oleh presiden pertama Indonesia Soekarno. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pemutaran pembacaan Teks Proklamasi, penumpang dipersilahkan duduk kembali oleh Kondektur.

Dalam kegiatan ini KAI juga membagikan bendera merah putih, minuman gratis, cinderamata kepada para penumpang, serta memutarkan lagu-lagu perjuangan selama perjalanan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menularkan semangat perjuangan para pahlawan kepada para penumpang. Dengan bangsa yang kuat dan tidak lupa akan sejarah akan membuat Indonesia semakin maju. Hal tersebut sesuai dengan tema HUT RI kali ini yaitu SDM Unggul Indonesia Maju," terangnya.

Sebelumnya, untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI, KAI telah menyelenggarakan promo spesial. Dimana KAI menggratiskan tiket KA Lokal dan memberikan tarif Rp 1 untuk perjalanan KRL Commuterline. (Rum)

(wd)