Jumat , 10 Juli 2020

Dua Album BTS Masuk Daftar Album K-Pop Terbaik Sepanjang Dekade Ini Versi Billboard

22 Desember 2019 05:54 WIB


BTS dalam salah satu foto konsep album "The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever" (Dok. Big Hit Entertainment)


Solotrust.com - Billboard merilis daftar 25 album K-Pop terbaik sepanjang dekade 2010an ini pada (17/12/2019) waktu setempat. Dua album BTS, grup asal Big Hit Entertainment masuk dalam daftar.



Album pertama yang masuk adalah "Wings" (2016), yang menempati peringkat ke-20. Di awal, Billboard mengatakan bahwa "Wings" yang dirilis setelah seri terobosan "The Most Beautiful Moment in Life" menyalurkan ambisi mereka untuk dominasi global, "Membuktikan bahwa mereka dapat tetap setia pada akar hip-hop sambil menjelajahi suara baru," kata Billboard.

Dikatakan pula bahwa album ini berisi lagu-lagu solo yang beragam, seperti atmosfer "Reflection" dari RM dan sentuhan orkestra dalam "Lie" yang dibawakan Jimin. "Album ini membentangkan palet ansambel K-pop sampai batasnya," kata Billboard.

"Lalu ada moombahton barok dari 'Blood, Sweat & Tears" dan trap 'BTS Cypher 4', sebuah manifesto tentang self-love yang radikal," lanjut Billbord.

Album lain yang masuk dalam daftar adalah "The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever" (2016), yang berada di peringkat ketiga.

Di awal, dikatakan bahwa sebelum BTS lepas landas dan mendominasi, mereka membuktikan janjinya kepada dunia dengan merilis The Most Beautiful Moment in Life Pt. 1 dan 2, dimana mereka menanamkan gaya hip-hop mereka dengan pop yang indah.

Pt. 1 and 2 dikatakan berisi lagu yang penting bagi karir BTS, seperti "I Need U", "Dope", "Silver Spoon (Baepsae)", dan lagu yang menunjukkan kecemerlangan mereka dalam metafora lirik yakni "Whalien 52".

Lagu-lagu dalam Young Forever yakni "Fire" dan "Save Me" dikatakan mengokohkan BTS sebagai hitmaker yang beragam, berkat mempertunjukkan EDM/hip-hop yang keras dan dance-pop yang sentimental.

"Tetapi lebih dari genre yang beragam, Young Forever memantapkan dan membuktikan pentingnya pesan dalam musik Anda," lanjut Billboard.

Billboard juga menyoroti capaian The Most Beautiful Moment in Life Pt. 2, yang menjadi album pertama BTS yang masuk Billboard 200. Sementara "Fire", title track dari Young Forever menjadi lagu pertama mereka yang memuncaki chart penjualan lagu digital.

"BTS benar-benar memecahkan formula untuk dukungan yang lebih besar dan lebih bermakna dari pendengar. Dan akhir dari era ini menunjukkan bahwa hanya hal-hal yang lebih besarlah yang ada di sepanjang jalan," tutup Billboard. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com